Mohon tunggu...
sabila rahma
sabila rahma Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Love the life you live

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Manfaat Penerapan Media Bercer dalam Pembelajaran Teks Berita

16 Juli 2024   17:21 Diperbarui: 16 Juli 2024   17:32 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama : Sabila Rahma Khoirun Nisa

Universitas Islam Sultan Agung

Dosen Pengampu : Dr. Aida Azizah, S.Pd., M.Pd.

PENDAHULUAN

Di masa sekarang ini, perkembangan media informasi dan komunikasi telah mengalami kemajuan yang sangat cepat. Pada awalnya terdapat banyak media yang digunakan dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Dengan majunya teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan Gerakan kepada siswa agar rajin belajar. Kemajuan media komunikasi memiliki keuntungan bagi pendidikan.

proses belajar mengajar merupakan suatu bentuk komunikasi, di mana disampaikan melalui media tertentu kepada penerima. Informasi yang disampaikan adalah materi ajar yang terdapat dalam kurikulum. Penggunaan media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran mampu memunculkan keinginan dan minat baru, serta merangsang keinginan belajar dan bahkan mempengaruhi kognitif siswa. Media pembelajaran yang digunakan pada tahap penyesuaian pembelajaran akan meningkatkan daya guna kegiatan pembelajaran dan penyajian materi pelajaran. Pembelajaran daring yang terjadi akibat pandemic COVID-19 menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat menjadi kebutuhan utama dalam kegiatan belajar mengajar.

Media yang menarik dan efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran merupakan potrer ideal dari cara pembaruan dalam media pembelajaran. Salah satu diantara yang ada, inovasi dalam media pembelajaran dengan penggunaan animasi. Animasi dalam bentuk video dapat diterapkan pada media berpegang pada penyedia informasi yang interaktif maupun sebagai media video yang mandiri. Animasi dalam media pembelajaran menambah nilai karena sangat menarik bagi pengguna, terutama siswa, yang merupakan target utama.

Salah satu materi yang belum dikuasi oleh banyak siswa dalah materi teks berita terutama pada siswa SMP. Teks berita, sebagai sumber informasi yang penting namun seringkali dianggap kering dan sulit dipahami oleh siswa, memerlukan pendekatan inovatif untuk memastikan pemahaman yang mendalam dan kritis. Salah satu solusi yang menjanjikan adalah melalui penggunaan media BERCER (Berita Cerdas). Penggunaan media ini membuat siswa lebih tertarik untuk belajar karena mengandung display yang lebih menarik.

 Pendidik SMP Nurul Ulum Semarang menerapkan media BERCER (berita cerdas) untuk membantu menumbuhkan minat siswa terhadap pembelajaran teks berita. BERCER adalah pendekatan terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi dunia nyata. Dengan menggunakan animasi interaktif, latihan analisis mendalam, tips menulis, dan dukungan untuk nilai-nilai pendidikan karakter, BERCER bertujuan untuk membantu siswa memahami teks berita dengan lebih cerdas dan kritis. Hasilnya menunjukkan bahwa media yang digunakan dapat meningkatkan pemahaman berita dan mampu meningkatkan keikutsertaan dalam kegiatan pembelajaran.

HASIL DAN PEMBAHASAN

  • Peningkatan kemampuan berpikir kritis

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, penggunaan media BERCER telah meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Media BERCER menawarkan latihan analisis mendalam yang mendorong siswa untuk berpikir kritis tentang konten berita, memahami konteksnya, dan mengevaluasi kebenaran informasi. Ini berarti bahwa siswa tidak hanya diminta untuk menyimak berita tetapi juga diminta untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyintesis informasi. Hal ini sejalan dengan tujuan pembelajaran untuk menumbuhkan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa.

  • Kemudahan bagi guru dan siswa

Media BERCER sangat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam pembelajaran. Guru merasa terbantu dalam menyampaikan materi teks berita melalui animasi dan video interaktif yang menarik. Visual dan audio yang menarik membuat guru lebih mudah menjelaskan konsep-konsep kompleks dengan cara yang lebih mudah dipahami oleh siswa. Media ini juga membantu guru dalam mengelola kelas lebih efektif karena siswa menjadi lebih tertarik dan terlibat dalam proses pembelajaran.

Bagi siswa, BERCER memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik dibandingkan metode konvensional. Mereka merasa lebih mudah memahami konsep yang diajarkan karena materi disajikan secara interaktif dan menarik. Selain itu, media ini juga mendukung pembelajaran mandiri karena siswa bisa mengakses materi dan latihan kapan saja dan di mana saja.

  • Kemampuan mengingat dan review materi

Media BERCER juga membantu siswa mengingat kembali apa yang telah mereka pelajari. Fitur review di media ini memungkinkan siswa mengulang pelajaran secara mandiri, yang memungkinkan mereka untuk memperkuat pemahaman mereka tentang materi dan memperbaiki kesalahan yang mungkin mereka buat.

  • Peningkatan ketrampilan bahasa

Melalui berbagai aktivitas yang disediakan dalam media BERCER, siswa dilatih untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Latihan menulis dan latihan berbicara membantu siswa meningkatkan keterampilan menulis mereka, terutama dalam menulis berita.

  • Peran aktif siswa dalam pembelajaran

Media BERCER dirancang untuk mendorong siswa untuk berpartisipasi lebih aktif dalam pembelajaran, termasuk memberikan umpan balik, mempraktikkan keterampilan yang telah mereka pelajari, dan memberikan tanggapan. Pendekatan berpusat pada siswa ini membantu siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar dan meningkatkan kemampuan mereka.

KESIMPULAN

Dalam pelajaran teks berita di SMP Nurul Ulum Semarang, penggunaan media BERCER telah meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan mendorong siswa untuk menganalisis, mengevaluasi, dan menyintesis data, media ini berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka. Media BERCER juga membantu guru menyampaikan pelajaran dengan cara yang menarik dan interaktif. Ini membuat siswa lebih terlibat dan fokus dalam proses pembelajaran.

Media BERCER juga membantu siswa mengingat apa yang telah mereka pelajari melalui fitur review dan meningkatkan keterampilan bahasa mereka melalui berbagai aktivitas yang disediakan. Dengan pendekatan yang berpusat pada siswa, media ini mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pembelajaran, yang menghasilkan mereka menjadi lebih percaya diri dan mandiri.

Secara keseluruhan, media BERCER meningkatkan pemahaman siswa tentang teks berita dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia nyata dengan keterampilan yang lebih baik. Penerapan media ini merupakan langkah inovatif dalam menciptakan pengalaman belajar yang efektif dan menarik.

DAFTAR PUSTAKA

Alim, M. Z. (2021). Manfaat Media Audio-Visual Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mohamad Miftah. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Pratiwi, N. D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Lectora Inspire dalam Pembelajaran Teks Berita Siswa Kelas VII SMP Plus An-Nur Al Munir.

Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 3(2).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun