Mohon tunggu...
Sabar R. S.Pd. Gr
Sabar R. S.Pd. Gr Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya adalah seorang guru olahraga, sesuai dengan profesi, saya gemar olahraga

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Koneksi antar Materi Modul 2.1

25 Oktober 2022   20:26 Diperbarui: 25 Oktober 2022   20:34 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Buatlah kesimpulan tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana hal ini dapat dilakukan di kelas.

Pembelajaran berdiferensiasi adalah proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru dengan menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik. Kebutuhan belajar peserta didik yang harus diperhatikan oleh seorang guru adalah:

  • Kesiapan belajar yakni sejauh mana peserta didik sudah mempunyai pengetahuan awal tentang materi yang akan dipelajari
  • Minat belajar yakni bagaimana rasa nyaman dan senang peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran dengan usaha yang dilakukan oleh seorang guru untuk membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan
  • Profil belajar yakni dengan memperhatikan gaya dan kecenderungan belajar peserta didik seperti kecenderungan ke audio, visual atau kinestetik

Pembelajaran berdiferensiasi meliputi:

  • Diferensiasi konten yakni bahan materi seperti apa yang akan disajikan oleh seorang guru dalam pembelajaran, misalnya, artikel sederhana, gambar, buku paket, video pembelajaran dll
  • Diferensiasi proses yakni model pembelajaran yang akan diterapkan oleh seorang guru dalam pembelajaran apakah model individual atau dengan model berkelompok
  • Diferensiasi produk yaitu dalam proses pembelajaran apakah produk yang akan dihasilkan atau karya apa hyang akan dihasilkan oleh peserta didik dalam pembelajaran tersebut.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam kelas hal yang pertama yang perlu dilakukan adalah menganalisis kebutuhan peserta didik dari 3 aspek yakni kesiapan, minat dan profil belajar. Dengan mengetahui kebutuhan belajar peserta didik maka seorang guru sudah bisa menentukan jenis pembelajaran berdiferensiasi apa yang akan digunakan dan bisa menentukan Langkah-langkah pembelajaran yang akan digunakan.

Misalnya dalam sebuah kelas mengenai kesiapan peserta didik, ada peserta didik yang masih kurang dalam hal membaca, ada yang keterampilan membaca dalam tingkat sedang dan ada yang sudah mahir membaca. Maka jenis pembelajaran berdiferensiasi yang dapat dilakukan adalah:

Diferensiasi konten: dengan menyediakan kartu yang berisi huruf, kartu yang berisi kata dan kartu yang berisi kalimat.

Diferensiasi proses : peserta didik yang masih kurang dalam hal membaca diberikan tugas untuk merangkai huruf menjadi kata, sedangkan peserta didik yang kemampuannya sedang diberikan tugas untuk mengumpulkan kartu yang berisi kata untuk merangkai kalimat, dan peserta didik yang sduah mahir membaca diberikan tugas untuk merangkai kartu kalimat untuk disatukan sehingga menjadi beberapa kalimat.

Jelaskan bagaimana pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar murid dan membantu mencapai hasil belajar yang optimal. Jelaskan pula bagaimana Anda melihat kaitan antara materi dalam modul ini dengan modul lain di Program Pendidikan Guru Penggerak.

 

Seperti yang sudah digambarkan diatas pembelajaran berdiferensiasi dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik karena proses pembelajaran disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Model pembelajaran yang diberikan disesuiakan dengan kemampuan, minat serta gaya belajar peserta didik tapi dengan satu tujuan pembelajaran sehingga semua kebutuhan belajar peserta didik bisa terpenuhi. Sebagai salah satu contoh dalam pembelajaran olahraga siswa kelas 1 dengan materi gerak manipulative dengan sub materi melempar, pembelajaran yang dilakukan dikemas dengan menarik dan menantang dengan melempar botol sampai jatuh. Peserta didik yang masih kuarang dalam hal melempar maka jarak botol akan diperdekat dan peserta didik yang sudah bagus Teknik melempar maka sasarannya akan semakin dijauhkan. Dengan demikian semua peserta didik dapat merasakan sensasi Ketika menjatuhkan botol sesuai dengan kemampuan mereka dan juga tujuan pembelajaran dapat tercapai yakni bagaimana mempraktikkan Teknik melempar yang baik.

Kaitan materi pembelajaran berdiferensiasi dengan materi sebelumnya yakni filosofi ki Hadjar Dewantara dimana peserta didik harus disesuaikan dengan alam dan zamannya dan juga pembelajaran berpusat pada peserta didik, maka dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi ini berarti pembelajaran sudah berpusat kepada peserta didik dan juga proses pembelajaran sudah sesuai dengan kondisi zaman dan kondisi alam peserta didik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun