Banyak cara untuk memotivasi siswa dalam belajar bahasa Indonesia, salah satunya melalui gim sebagai media pembelajaran.
Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD menjadi ujung tombak untuk siswa dalam meningkatkan kemampuan komunikasi secara lisan maupun tulisan. Bahasa Indonesia menjadi dasar bagi siswa untuk mampu memahami mata pelajaran yang lainnya. Namun, pandemi Covid-19 membuat motivasi belajar siswa termasuk belajar Bahasa Indonesia menurun.
hal yang harus diperhatikan ketika menurunnya motivasi siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia membuat para pendidik harus memutar otak demi menyelamatkan motivasi tersebut. Faktor-faktor yang memengaruhi motivasi dapat dilihat berdasarkan dua aspek yakni aspek intrinsik dan ekstrinsik. Adapun pengaruh pada aspek intrinsik di antaranya keinginan untuk menjadi lebih baik; belajar yang disertai dengan minat; dan belajar yang disertai dengan perasaan senang.
Sedangkan untuk indikator aspek ekstrinsik di antaranya: belajar demi memenuhi kewajiban; belajar demi memenuhi kebutuhan; belajar demi memperoleh hadiah. Selain itu, pengaruh lainnya adalah belajar demi meningkatkan gengsi; demi pujian dari guru, orang tua, dan teman; dan adanya ganjaran dan hukuman.
Aplikasi Educandy sangat membantu guru untuk pembelajaran terutama evaluasi. Di sisi lain, siswa menjadi antusias dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Siswa mendapatkan hal baru dan rasa ingin tahu terhadap aplikasi tersebut.
Perubahan semangat siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan Educandy cukup tinggi. Gim tersebut bisa menguji kecepatan berpikir anak ketika mengerjakan di dalam aplikasi educandy. Hasil dari menggunakan aplikasi Educandy juga mencapai hasil sesuai target, nilai evaluasi jauh lebih baik daripada biasanya. di bawah ini langkah-langkah membuat permainan di aplikasi Educandy.
langkah-langkah membuat permainan di aplikasi Educandy dapat dilakukan dengan cara berikut.
- Masuk melalui https://www.Educandy .com/.
- Klik tiga garis di pojok kanan atas. Kemudian akan muncul pilihan menu create your first activity, apps dan sign in.
- Pada pemakaian pertama kali, klik create your first activity dan akan muncul kotak pengisian: username, email. Anda perlu mengisi isian tersebut kemudian klik register.
- Berikutnya, buka email dan lakukan konfirmasi.
- Lakukan sign in dengan mengisi username atau email, isi password, dan klik log in.
- Pilih atau gunakan permainan yang akan dibuat.
- Setelah selesai, permainan dapat dibagikan kepada peserta didik dengan mengopi alamat url atau code yang ada melalui tombol Share Activity di bagian bawah layar.


Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI