Mohon tunggu...
Wawan Sri Purwantono
Wawan Sri Purwantono Mohon Tunggu... pegawai negeri -

kerja... kerja...kerja

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Menikmati Saucy Salamander

2 Desember 2013   10:04 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:25 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13859532992080596630

[caption id="attachment_305890" align="aligncenter" width="300" caption="Tampilan Saucy Salamander Dengan Cairo Dock"][/caption] Setelah sekian lama notebook saya vakum dari installan linux, akhir pekan lalu saya mencoba install kembali linux. Pilihan utama tetap Ubuntu versi terbaru 13.10.  Versi ubuntu yang terbaru ini ternyata cukup ringan dan gegas saya install di notebook tua saya yang hanya memiliki otak Intel Celeron 540, dengan RAM 1,5 Gb. Versi ini lebih ringan bila dibandingkan versi 12.04. Dengan beberapa langkah modifikasi, saya merasa semakin nyaman sekali menggunakan Saucy Salamander untuk menemani aktifitas kerja saya. Sama nyamannya dengan windows 8 yang saya gunakan di PC Desktop saya. Beberapa langkah yang saya lakukan untuk mooding desktop dan performa Saucy antara lain sebagai berikut : Update dan Upgrade dengan menggunakan alt ctrl t untuk masuk terminal ketik perintah berikut :

sudo apt-get update sudo apt-get upgrade

Disable System Crash Reports :

sudo gedit /etc/default/apport

Memasang Dock Untuk mengganti taskbar unity:

sudo add-apt-repository ppa:cairo-dock-team/ppa sudo apt-get update sudo apt-get install cairo-dock cairo-dock-plug-ins

Karena Notebook saya sudah uzur, saya tidak menginstal codec mp3 dan codec video lainnya. Cukuplah dengan  langkah diatas saya sudah puas dengan ubuntu 13.10 Saucy Salamander. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan OS gratisan ini :

  1. Bebas Virus, hingga saat ini ini OS linux relatif aman dari virus.
  2. Dukungan aplikasi untuk yang cukup melimpah, dengan mengetikkan aplikasi di tombol dash, maka akan muncul alternatif aplikasi yang anda butuhkan dengan syarat harus terhubung ke internet tentunya.
  3. Cukup mudah digunakan, meski tampilannya tidak sama persis dengan OS WIndows, dengan sedikit pembiasaan, anda akan mudah menggunakan OS ini.

Anda bisa menuju alamat website resmi ubuntu untuk mendapatkan OS ini disini. Sedangkan tutorial instalasi bisa anda dapatkan di web resmi di link ini. Kalau merasa sulit, silahkan hubungi komunitas Ubuntu di kota anda, atau datang ke tukang servis komputer untuk instalasi secara mudah ubuntu dengan satu jari.

Tak ada salahnya mencoba OS ini, sebagai alternatif (maaf) OS bajakan yang terinstall dalam notebook atau PC Desktop.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun