Dalam melakukan sebuah strategi digital marketing hal pertama yang harus kita lakukan adalah dengan membangun sebuah Content. Yang harus kita ingat adalah DM 3.0 menganut pemasaran penuh makna artinya cara kita memasarkan tidak dengan menawarkannya secara langsung melainkan memberikan sebuah manfaat. Sehingga Content yang kita buat harus memberikan manfaat bagi target market yang kita tuju. Kita ambil contoh kita ingin menjual rumah maka content yang dapat kita sediakan misalnya: tips & trik cara memilih rumah yang baik. Dalam membuat sebuah content kita juga harus memperhatikan target market kita, gunakan bahasa yang sesuai dengan target market kita. Menentukan bahasa tidak hanya dari Negara mana mereka, tetapi kita harus juga menyesuaikan dari target usia misalnya kita membidik target market anak muda tentu kita harus menggunakan bahasa anak muda, bila kita memiliki target market professional maka kita gunakan bahasa yang resmi.
Lebih baik lagi kita membagi pasar kita menurut etnografi artinya kita membagi mereka berdasarkan kesukaannya, misalnya: gamer (orang yang hobinya bermain game), tentu ada istilah2x khusus yang hanya diketahui oleh gamer, bola mania (pencinta bola), movie mania (pencinta flim), music mania (pecinta music), facebookers (pengila facebook), kaskuser (pengguna kaskus), dll. Dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan target market kita maka kita dapat lebih dekat dengan mereka sehingga dapat menciptakan ikatan.
Setelah content telah kita siapkan, agar membuatnya menarik maka kita dapat olah menjadi berbagai output yang menarik, antara lain:
- Artikel
- Buku Berseri
- Video
- Interactive Multimedia
- etc
Yang terpenting kita perlu ingat adalah kita harus menyajikannya sesuai dengan target market kita, mereka lebih suka melihatnya dalam bentuk apa ?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H