ryna siahaan
ryna siahaan Mohon Tunggu... Administrasi - pekerja

bekerja di bidang komunikasi pertanian tetapi tertarik dengan berwisata

Sehari Berkelana di Sukabumi

1 November 2017   13:40 Diperbarui: 1 November 2017   13:42 586
Pemandangan menuju Sukabumi / dokumentasi pribadi

Perjalanan ini saya lakukan bersama keluarga pada 27 Desember 2016 menggunakan KA Bogor-Sukabumi. Berhubung bertepatan dengan musim liburan, saya membeli tiket KA pada minggu ke-2 Desember. Ini adalah momen pertama saya membeli tiket kereta sendiri jadi posisi duduk yang saya pikir akan berhadap-hadapan angka genap-ganjil ternyata salah, yang benar adalah ganjil-genap hahaha...Kami berangkat menggunakan KA yang berangkat pukul 8 pagi sehingga perkiraan sampai Sukabumi sekitar pukul 10. Hari itu sungguh cerah sehingga bisa melihat pemandangan di luar kereta.

Sekitar pukul 10 pagi, kami telah sampai di Sukabumi. Destinasi pertama kami adalah Selabintana, oleh karena itu kami berjalan dari St. Sukabumi menuju Yogya Mall (20 menit) dan naik angkot merah dari depan mall tersebut. Angkot tersebut berhenti tepat di depan Selabintana. TIket masuk tempat ini adalah Rp 6.000,-. Di sini kami menghabiskan waktu dari pukul 11.30 hingga 13.00. Udara lebih dingin daripada KRB jadi kami banyak jajan di sini (jalan-makan-duduk-makan) dan disini pun banyak penjaja makanan.

dokumentasi pribadi
Dari Selabintana, kami berencana makan siang di RM Mamih Ungu dengan naik angkot merah yang ada di depan Selabintana, turun di depan RM Bunut lalu naik angkot dari sebrang pertigaan tersebut. Supir angkot di Sukabumi cukup ramah dan tidak segan-segan mengantar penumpang hingga tujuan walaupun sebenarnya mereka ,tidak melewati daerah tersebut. Kami sampai di RM Mamih Ungu sekitar pukul 13.30 dan makan siang hingga pukul 14.30

Nasi Uduk Ungu Spesial / dokumentasi pribadi
Setelah makan siang, kami menuju tempat pembelian mochi koswari lampion yang berada di Gg. Koswari II dengan naik angkot yang melintas di depan RM tersebut. Gang tempat penjualan mochi ini agak masuk ke dalam, jadi jangan tertukar dengan toko-toko tempat menjual mochi di depannya. Toko ini sudah banyak didatangi oleh selebritis, terlihat dari jejeran tanda tangan yang ditempel di dinding. Mochi rata-rata bertahan 2-3 hari, kecuali mochi coklat bisa hingga 4 hari.

Banyak varian mochi yang tersedia, termasuk mochi durian dan mochi blueberry. Setelah puas membeli mochi, sekitar pukul 15.00-an kami pun naik angkot kuning dari depan Gg. Koswari menuju Yogya Mall untuk menuju stasiun karena KA menuju St. Paledang, Bogor berangkat pukul 16.20. Kami sampai di stasiun sekitar pukul 15.30.

Beginilah rute perjalanan kami di Sukabumi dengan menggunakan angkot. Perjalanan lancar dan rata-rata tarif ongkos yang dikenakan adalah Rp 4.000,-. Para supir angkotnya pun ramah dan walaupun terkadang daerah yang mereka tuju bukan rutenya mereka mau mengantar hingga tujuan. Jadi bagi yang ingin menjelajah Sukabumi dapat menggunakan angkot yang beredar dan tidak perlu carter (seperti kami).