Mohon tunggu...
Ryan M.
Ryan M. Mohon Tunggu... Editor - Video Editor

Video Editor sejak tahun 1994, sedikit menguasai web design dan web programming. Michael Chrichton dan Eiji Yoshikawa adalah penulis favoritnya selain Dedy Suardi. Bukan fotografer meski agak senang memotret. Penganut Teori Relativitas ini memiliki banyak ide dan inspirasi berputar-putar di kepalanya, hanya saja jarang diungkapkan pada siapapun. Professional portfolio : http://youtube.com/user/ryanmintaraga/videos Blog : https://blog.ryanmintaraga.com/

Selanjutnya

Tutup

Catatan

myBCA, Terdepan dalam Pemanfaatan Teknologi

18 September 2014   17:18 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:20 519
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Suasana di gerai myBCA (dokpri menggunakan Sony Ericsson XPeria Ray)

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Suasana di gerai myBCA (dokpri menggunakan Sony Ericsson XPeria Ray)"][/caption]

Di tulisan sebelumnya saya mengharapkan adanya layanan perbankan yang buka setidaknya sampai jam 9 malam sekalipun di akhir pekan.

Tadinya saya berpikir harapan itu tidak akan terwujud dalam waktu dekat sampai saya membaca beberapa  beberapa blog yang membahas seputar myBCA, sebuah layanan dari Bank Central Asia yang memberikan berbagai kemudahan layanan perbankan bagi masyarakat perkotaan.  Saat ini, layanan tersebut baru tersedia di dua tempat yaitu Mall Gandaria City Jakarta dan Ciputra World Surabaya.

Dari informasi yang saya dapat, layanan myBCA dilengkapi berbagai perangkat teknologi terkini dan dapat diakses oleh nasabah secara self-service – termasuk diantaranya informasi promo kartu kredit dan kartu Flazz, beli kartu Flazz dengan beragam pilihan desain terbaru, pengajuan kartu kredit, KPR, Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) & Kredit Sepeda Motor (KSM), layanan Halo BCA, KlikBCA, bahkan pembukaan rekening Tahapan Xpresi.

Semua dilakukan oleh nasabah sendiri  dan jangan khawatir karena selalu ada Duty Officer yang siap memandu nasabah dalam menggunakan alat-alat yang tersedia.

Karena penasaran, saya menuju gerai myBCA di Mall Gandaria City, Jakarta Selatan, tepatnya ada di Lt. UG.

Optimal Memanfaatkan Teknologi

Sesampainya di lokasi, saya melihat berbagai perangkat teknologi yang tersedia di gerai myBCA.  Di bagian paling depan terdapat perangkat yang disebut Digital Information berupa monitor yang dioperasikan dengan sentuhan (touchscreen).  Di sini saya mendapat informasi seputar promosi dan layanan BCA yang disampaikan dengan jelas dan mudah dimengerti.

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Informasi yang ada di dalamnya bisa dikirim ke alamat surel (dokpri)"]

Digital Inform hadir juga dalam versi iPad
Digital Inform hadir juga dalam versi iPad
[/caption]

Berikutnya, tersedia dua buah mesin Flazz.  Bentuk mesin ini  menyerupai ATM, namun fungsinya seperti vending machine untuk beli kartu Flazz.

Beli kartu Flazz lewat vending machine?

Benar.  Jika dulu kartu Flazz hanya bisa didapatkan di cabang BCA atau tempat-tempat tertentu yang sudah bekerjasama dengan BCA, maka di sini kita bisa mendapat kartu Flazz  secara self-service.  Pilihan desain-nya pun beragam; yang paling saya ingat saat itu adalah Hello Kitty.  Menarik!

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Pilihan desain Kartu Flazz (dokpri)"]

Pilihan desain Kartu Flazz (dokpri)
Pilihan desain Kartu Flazz (dokpri)
[/caption]

Perangkat berikutnya yaitu Halo BCA Video Call, kebetulan saat itu saya melihat seorang nasabah sedang bercakap-cakap dengan agen Halo BCA menggunakan teknologi video conference.  Saya perhatikan, tidak ada lag yang biasanya muncul saat kita menggunakan teknologi semacam ini baik di rumah maupun kantor.  Tidak adanya lag ini membuat saya berpikir seberapa cepat koneksi internet yang dimiliki BCA.

Kredit & Klik BCA.  Bagi nasabah yang ingin melakukan transaksi perbankan menggunakan Internet Banking, di sinilah tempatnya.  Dua buah komputer sudah disediakan di sini.  Nasabah bahkan bisa mengajukan permohonan kartu kredit, KPR, KKB & Kredit Sepeda Motor (KSM) menggunakan digital form yang tersedia.  Hebatnya lagi, gerai myBCA menyediakan scanner untuk membantu pelengkapan dokumen yang disyaratkan dalam pengajuan kredit.  Dengan digital form ini, myBCA sudah jelas lebih unggul.  Selain menghormati privasi nasabah, BCA juga sudah melangkah lebih maju dengan mulai menggunakan teknologi paperless.  Salut!

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Kredit & KlikBCA yang sudah dilengkapi dengan scanner (dokpri)"]

Kredit & KlikBCA yang sudah dilengkapi dengan scanner (dokpri)
Kredit & KlikBCA yang sudah dilengkapi dengan scanner (dokpri)
[/caption]

Pembukaan Rekening Tahapan Xpresi yang Benar-benar Ekspresif!

Bicara soal teknologi paperless, BCA sudah memiliki produk yang mewakilinya yaitu Tahapan Xpresi.  Beda dengan Tahapan biasa, Tahapan Xpresi tidak disertai buku tabungan secara fisik.

Ya, Tahapan Xpresi sudah diintegrasikan secara menyeluruh dengan teknologi terkini yang dimiliki BCA, seperti Internet Banking & Mobile Banking.

Untuk mengetahui Informasi Saldo dan Mutasi Rekening, nasabah cukup melihatnya secara online di www.klikbca.com atau melalui aplikasi BCA Mobile pada smartphone.  Untuk KlikBCA, nasabah akan diberikan KeyBCA agar dapat melakukan berbagai transaksi keuangan seperti pembayaran, pembelian, dan transfer dana secara online.

Saat ini membuka rekening Tahapan Xpresi semakin mudah dengan adanya myBCA, prosesnya pun canggih dan tak terbayangkan sebelumnya.  Tak percaya begitu saja dengan informasi yang didapat, saya pun mencoba membuka rekening Tahapan Xpresi.  Saya masuk ke salah satu dari dua ruang tertutup Tahapan Xpresi di gerai myBCA.

Perangkat di ruangan ini memiliki dua layar, satu di atas untuk komunikasi tatap muka antara nasabah dengan Customer Service, dan satu lagi di bawahnya untuk input data.

[caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Begini tampilan alat yang ada dalam ruangan Tahapan XPresi. Dari alat inilah kita akan terhubung dengan Customer Service Officer BCA (dokpri)"]

Begini tampilan alat yang ada dalam ruangan Tahapan XPresi. Dari alat inilah kita akan terhubung dengan Customer Service Officer BCA (dokpri)
Begini tampilan alat yang ada dalam ruangan Tahapan XPresi. Dari alat inilah kita akan terhubung dengan Customer Service Officer BCA (dokpri)
[/caption]

Setelah memilih menu “Pembukaan Rekening Tahapan Xpresi” di layar sentuh, saya langsung terhubung secara online dengan Officer BCA menggunakan teknologi Video Banking.  Setelah mendapat penjelasan singkat tentang Tahapan Xpresi, proses pembukaan rekening pun dimulai.  Sebelumnya saya diminta men-scan kartu identitas saya di panel kanan atas mesin.  Setelah scanning selesai, Customer Service kemudian membantu mengisi data-data pribadi saya berdasarkan kartu identitas yang saya scan tadi.  Karena saya sudah jadi nasabah BCA, proses input data terasa lebih cepat.

Proses input data pribadi berlangsung di monitor kedua (yang bawah) di mana saya hanya cukup menyentuh layar yang bertuliskan “Setuju” sebagai konfirmasi atas apa yang disampaikan Customer Service.  Jika membutuhkan bantuan, di panel kiri ada semacam tombol untuk meminta bantuan Duty Officer yang sedang bertugas di gerai myBCA.  Tapi bisa dikatakan, secara keseluruhan saya tidak merasa bingung hingga perlu memanggil Duty Officer, karena panduan yang diberikan Customer Service di seberang sana sudah sangat jelas.

Setelah selesai semua proses di atas, kita tinggal menunggu keluarnya kartu ATM dan debit yang disebut Paspor Xpresi di panel kiri atas mesin.  Tersedia beragam pilihan desain Paspor Xpresi – baik yang menampilkan foto kita maupun tidak.

Hebatnya lagi, kartu Paspor Tahapan Xpresi sudah bisa langsung digunakan saat itu juga!

Salut untuk BCA dengan gerai myBCA-nya sudah menunjukkan keunggulan dalam layanan perbankan berbasis teknologi terkini. [rm]

[caption id="attachment_324414" align="aligncenter" width="500" caption="Seorang Duty Officer sedang memperagakan penggunaan layanan Halo BCA Video Call (dokpri)"]

1411035230875544725
1411035230875544725
[/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Digital Inform di myBCA juga tersedia dalam versi mini untuk iPad (dokpri)"]
Digital Inform di myBCA juga tersedia dalam versi mini untuk iPad (dokpri)
Digital Inform di myBCA juga tersedia dalam versi mini untuk iPad (dokpri)
[/caption] [caption id="" align="aligncenter" width="500" caption="Mau kredit rumah? Ketahui simulasinya di greai myBCA (dokpri)"]
Mau kredit rumah? Ketahui simulasinya di greai myBCA (dokpri)
Mau kredit rumah? Ketahui simulasinya di greai myBCA (dokpri)
[/caption] Tulisan ini masuk kategori “Berita” dan dipublish pertamakali di www.kompasiana.com, copasing diizinkan dengan mencantumkan URL lengkap posting di atas atau dengan tidak menghapus/mengedit amaran ini

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun