Mohon tunggu...
ryankhaudhulasfa
ryankhaudhulasfa Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

yuk gemar menulis

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Grow to Digital : Digital Marketing sebagai strategi pemasaran efektif UMKM

4 Januari 2025   10:14 Diperbarui: 4 Januari 2025   10:14 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
(Sumber : Dokumentasi Program Kerja KKN Kelompok  Desa Pagumenganmas Periode 1 Tahun 2024/2025)

Jumat (27 Desember 2024) - Dalam rangka optimalisasi potensi desa melalui pemberdayaan masyarakat, sosialisasi Digital Marketing yang diselenggarakan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pagumenganmas berhasil menarik perhatian warga setempat. Program ini merupakan salah satu upaya untuk memperkenalkan strategi pemasaran digital sebagai salah satu cara efektif dalam meningkatkan pendapatan warga dengan memanfaatkan teknologi digital. Dalam program ini, para mahasiswa bekerja sama dengan narasumber untuk memberikan materi yang mudah dipahami oleh semua kalangan warga.

Sosialisasi yang berlangsung pada Jumat, 27 Desember 2024, di Sanggar Delima Desa Pagumenganmas, dihadiri oleh 37 warga dari berbagai latar belakang. Para peserta hadir dengan berbagai motivasi, mulai dari pengusaha UMKM hingga pemuda setempat yang tertarik untuk mempelajari tentang pemasaran digital dan cara mengoptimalkan usaha mereka. 

Dalam kegiatan ini, peserta diberikan pemahaman tentang dasar-dasar digital marketing, mulai dari cara pembuatan akun media sosial bisnis hingga strategi optimasi konten yang dapat menjangkau lebih banyak audiens. Tak hanya itu, para peserta juga dikenalkan pada penggunaan platform e-commerce sebagai media pemasaran untuk memperluas pasar produk mereka.

Membangun Kesadaran Tentang Pentingnya Digital Markerting

Khanza, selaku pemateri dalam kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa era digital memberikan keuntungan besar bagi para pelaku usaha. "Penggunaan media digital dalam perdagangan memungkinkan pengusaha untuk menjual produk lebih cepat dan mengurangi biaya operasional, termasuk biaya distribusi yang selama ini cukup tinggi. Dengan digitalisasi, akses ke pasar yang lebih luas menjadi lebih mudah," ujarnya.

Namun, ia juga menekankan bahwa peralihan dari metide konvensional ke digital tidaklah tanpa tantangan. "Salah satu tantangan terbesar adalah rendahnya kemampuan sumber daya manusia (SDM) dalam memahami metode perdagangan digital ini. Banyak warga yang masih terbiasa dengan cara-cara lama, sehingga perlu pendekatan yang sederhana dan mudah dipahami agar mereka siap beradaptasi," lanjut Khanza.

(Sumber : Dokumentasi Pemateri dari Dosen Universitas Pekalongan Tahun 2024/2025)
(Sumber : Dokumentasi Pemateri dari Dosen Universitas Pekalongan Tahun 2024/2025)

Kenapa Digital Marketing?

  • Hasil lebih efektif dan terukur : Pemasaran lebih efektif karena tepat sasaran dan bisa diukur keberhasilannya dengan mudah
  • Terhubung Konsumen dengan mudah : Kita bisa terhubung dengan konsumen selama 24 jam melalui platfrom digital yang digunakan
  • Biaya Lebih Murah : Tidak perlu sewa toko, biaya hanya untuk membeli hp dan kouta internet, kita bisa gunakan platfrom gratisan. Iklan berbayar digital pun jauh lebih murah dibanding iklan ofline seperti brosur, baliho, dll.
  • Perubahan Perilaku Konsumen : Mencari informasi, perjalanan konsumen menuju produk, kemudahan akses, pembayaran digital, dll.
  • Data Penguna Internet Aktif : Data pengguna internet semakin tahun semakin meningkat. Total populasi : 278 juta, Pengguna internet : 221 juta (79,5%), Pengguna sosial media : 167 juta (60%).
  • Jangkauan pasar lebih luas : Dapat menjangkau pasar lebih luas tidak terbatas wilayah.

Plafrom Digital Marketing

  • Search Engine : Google Bisnis, SEO, Google Ads.
  • Website : Website Profil, Toko Online, Blog, Landingpage.
  • Marketplace : Shopee, Tokopedia, Lzada, Tiktokshop.
  • Socialmedia : Whatsapp, facebook, Instagram, Tiktok, dll.

Kelebihan Digital Marketing

  • Efisien Waktu dan Biaya
  • Interaktif
  • Kesempatan Penetrasi pemasaran luas
  • Banyak Konten Menarik
  • Mudah diukur
  • Pemirsa tidsak terbatas

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun