Mohon tunggu...
Alryan Naufal
Alryan Naufal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Saya sendiri

Mahasiswa UNDIP PWK 2017

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Undip Kenalkan "Digital Marketing" kepada UMKM untuk Ciptakan UMKM Berdaya Saing

2 Agustus 2021   14:07 Diperbarui: 2 Agustus 2021   14:46 266
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semarang (2/8). Pada era sekarang ini pemanfaatan teknologi sudah terjadi dimana-mana dan pada bidang manapun. Salah satu bidang yang sedang gencarnya dalam pemanfaatan teknologi adalah bidang ekonomi atau usaha. Salah satu aspek penting dalam suatu usaha adalah aspek marketing atau pemasaran. 

Marketing adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk memperkenalkan usaha, produk, atau merek agar dikenal oleh masyarakat luas. Promosi menjadi salah satu kunci produk atau usaha dapat laku dan sukses, serta mendapatkan keuntungan yang besar.

Salah satu bentuk promosi pada era sekarang ini adalah menggunakan teknik digital marketing. Digital marketing adalah kegiatan promosi yang menggunakan media digital atau internet untuk memperkenalkan produk usaha agar dikenal masyarakat luas. 

Sekarang ini suatu usaha perlu melakukan teknik promosi tersebut karena memiliki banyak keuntungan yang didapatkan. Salah satu keuntungan dari teknik digital marketing yaitu tergolong mudah dilakukan dan tidak perlu biaya besar karena promosi ini bisa dilakukan di sosial media yang saat ini sudah banyak penggunanya, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Meskipun digital marketing ini tergolong mudah dilakukan, kenyataannya ada masyarakat yang kesusahan dan memerlukan bantuan untuk memahami teknik promosi tersebut. Salah satu contoh masyarakat tersebut adalah orang tua yang tidak terbiasa dengan teknologi era sekarang ini sehingga tidak memiliki pemahaman bagaimana cara menggunakannya. 

KKN UNDIP ini memiliki tema "Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Sustainable Development Goals (SDGs)", dimana pada pandemic COVID-19 ini sedang gencarnya kegiatan berbasis online, sehingga masalah tersebut relevan dengan tema tersebut. 

Program KKN yang dicanangkan dengan permasalahan tersebut adalah "Penguatan Digital Marketing kepada UMKM untuk mengembangkan ekonomi industri 4.0". Program ini ditujukan kepada UMKM yang mengalami kesusahan dalam memahami digital marketing dalam mengembangkan usahanya.

Program ini ditujukan kepada UMKM penjahit Ibu Ratna yang sudah berjalan selama 10 tahun. UMKM tersebut terletak di Kelurahan Bugangan, tepatnya di RT 9/RW IV. 

Program tersebut berisikan memberikan pemahaman mengenai apa itu digital marketing dan bagaimana cara melakukannya, dimulai dari pemahaman membuat sosial media dan membuat promosi yang menarik bagi usahanya. Pemilik UMKM tersebut antusias dengan kegiatan tersebut dan harapannya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya untuk usahanya tersebut, khususnya pada saat pandemi ini.

Penulis : Alryan Naufal Aptana H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun