ABSTRAK
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran sebelum dilakukannya penelitian. Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpeningkatankemampuanmenulistekseksposisimenggunakan modelpembelajaraproblem based learningdengan media gambarberseri pada siswaKelas VIII di Jakarta.Â
Penelitian dilakukan di SMP Garuda dan SMP Bina Bangsa, penelitian difokuskan untuk peserta didik kelas VIII masing-masing sekolah. Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dalam setiap siklus dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian.Â
Data yang digunakan berupa hasil observasi siswa, catatanlapangan, hasilwawancara, hasiltesmenulistekseksposisi, dan dokumentasi.Analisis data menggunakandeskriptifkuantitatif dan kualitatif.Â
Data primer yang digunakanadalah proses pembelajaranmenulistekseksposisisiswakelas VIII. Kriteriakeberhasilantindakandibagimenjadidua, yaitu proses dan produk. Keberhasilan proses diukurberdasarkanpeningkatan proses pembelajaran dan perilakusiswaselamapembelajaran yang lebihbaik. Keberhasilanprodukdiukurberdasarkanketercapaianindikator dan nilaisiswa yang lebihbaik.
Hasil penelitian diantaranya adalah 1) media "gambar berseri" dapat membantu guru dalam menjelaskan materi mengenai teks eksposisi bagi peserta didik kelas VIII SMP; 2) peningkatantampak pada peningkatan proses dan produk. Peningkatan proses terlihatdarikondisi dan perilakusiswa yang lebihperhatian, serius, sungguh-sungguh, aktif, dan bersemangatdalampembelajaran.Â
Suasana yang kondusif dan terbangunnyabentukkerjasama yang baikdalampelaksanaanpembelajaran juga terlihatsebagaibentukpeningkatan proses; 3) Peningkatanprodukterlihatdarinilai rata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitudaritahappratindakandengan rata-rata sebesar 65,25, siklus I sebesar 78,35, dan siklus II sebesar 83,68 dari SMP Garuda, kemudian SMP Bina Bangsa dengan rata-rata sebesar 65,00, siklus I sebesar 75,45 dan siklus II sebesar 80,68.Dari hasiltersebutdapatdisimpulkanbahwa model pembelajaran problem based learningdengan media gambarberserimerupakan salah satu modelpembelajaran yang
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H