Adaptasi Praktik Baik Dari Rutan Salatiga, Rutan Banjarnegara Siap Meraih Predikat WBK
SALATIGA, INFO_PAS - Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IIB Banjarnegara bersama Tim Zona Integritas (ZI) melaksanakan study tiru ke Rutan Kelas IIB Salatiga. Selasa, 05 Maret 2024. Dalam rangka mempercepat pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) tahun 2024.
Tim ZI Rutan Banjarnegara disambut hangat oleh Redy selaku Karutan Salatiga beserta jajaran, ia berbagi pengalaman dan ilmu dalam pembangunan ZI dari persiapan hingga prosesnya, bertempat di Ruang Karutan. Kemudian berlanjut ke Ruang Aula untuk diskusi dan mendengarkan paparan tentang pembangunan ZI oleh Karutan Salatiga.
Karutan Banjarnegara, Bima Ganesha Widyardarma mengucapkan terima kasih telah menerima baik kedatangan kami, pastinya nanti banyak hal yang kami temui di Rutan Salatiga. Dan harapannya "Tim ZI Rutan Banjarnegara dapat menggali semua ilmu yang ada di Rutan Salatiga untuk diterapkan dan ditularkan kepada teman-teman kita di Rutan Banjarnegara," harap Karutan. Sebelumnya pada tanggal 25 Januari 2024, Tim ZI melaksanakan study tiru ke LPP Semarang.
Selanjutnya Karutan Salatiga, Redy Agian mempresentasikan proses pembangunan ZI yang dilakukan Rutan Salatiga. Sehingga pada tahun 2023 telah memperoleh predikat WBK dan menuju proses WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani). "Kami tidak menggurui tetapi hanya berbagi pengalaman, informasi dan pengetahuan yang kami miliki," ucap Redy.
Menurutnya, dalam pembangunan ZI ini, ada dua hal penting yang perlu dipahami yaitu tentang persepsi masyarakat dan mindset pegawai. Dalam peningkatan kualitas pelayanan, kita harus mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat, kemudian dari pelayanan internal khususnya kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).
Selain itu perlunya mengubah pola pikir (mindset) dan budaya kerja pegawai, perubahan perilaku/pola pikir dan budaya kerja diharapkan dapat mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, maka yang harus diperbaiki atau diubah adalah harus internal pelayanan publik tersebut, hal ini dilakukan dalam rangka percepatan Reformasi Birokrasi."
Dalam paparannya, Karutan Salatiga menjelaskan inovasi dalam pembangunan ZI, seperti layanan panggilan darurat (Emergency cell), layanan informasi keluarga WBP (Siskomas), Â layanan kontrol keliling digital menggunakan barcode, layanan tas besukan, kartu brizzi, Ruang Layanan Terpadu Satu Pintu (Lapitu) bekerja dengan pihak ketiga, Â Ayo Sapa Warga Binaan (Ayo Sarapan), Gerakan Cek Nutrisi dan Gizi (Gen Z), Announcement WBP Â (Pengumuman layanan kunjungan tatap muka).
Optimisme dan spirit yang dimiliki tim pembangunan zona integritas Rutan Banjarnegara dalam memberikan pelayanan yang prima dan humanis diapresiasi oleh Karutan Salatiga. Tim sangat antusias untuk memanfaatkan kesempatannya meninjau infrastruktur, sarana prasarana dan melihat lebih dekat metode pelayanan serta Inovasi yang di bangun.
Sementara itu, Nuryadi selaku Ketua ZI Rutan Salatiga berbagi pengalaman seputar proses membangun Zona Integritas di Rutan Salatiga dalam meraih WBK.