Langkah Pasti Reformasi Birokrasi Berdampak, Rutan Banjarnegara Luncurkan 4 Inovasi Layanan
Banjarnegara, INFO_PAS - Rutan Banjarnegara melakukan Grand Launching 4 inovasinya, sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik. Selain diikuti oleh Pegawai, kegiatan ini juga diikuti oleh keluarga Warga Binaan Pemasyarakataan (WBP) serta anggota ojek online sebagai perwakilan dari masyarakat umum. Launching berlangsung di halaman parkir Rutan, Sabtu, (17/2/2024).
Rutan Banjarnegara terus berupaya dan berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan publik, upaya ini sesuai dengan Peraturan MenpanRB No 30 Tahun 2014 tentang Pelayanan Publik. Inovasi pelayanan publik pada era reformasi birokrasi dikatakan sebagai inisiatif terobosan dari Rutan Banjarnegara dalam upaya memudahkan warga binaan dalam menerima informasi dan memudahkan petugas dalam memberikan informasi.
Dalam sambutannya, Karutan Banjarnegara, Bima Ganesha Widyadarma menyampaikan. "Semoga dengan 4 inovasi layanan unggulan ini, dapat bermakna untuk masyarakat, dan harapannya indeks kepuasaan masyarakat terus meningkat dan kami ucapkan terima kasih kembali kepada masyarakat yang telah mendukung Rutan Banjarnegara dalam Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK," jelasnya.
Adapun 4 inovasi pelayanan tersebut yaitu, Sarana Tambah Angin Gratis Rutan Banjarnegara (STATIS RUBARA), Layanan Komunikasi Masyarakat Rutan Banjarnegara (YANSIMAS RUBARA), Konsultasi Berbagi Gembira dan Sehat (SIBERGAS), dan Papan Data Informasi Warga Binaan Rutan Banjarnegara (PANDAWA).
STATIS RUBARA merupakan salah satu inovasi layanan unggulan Rutan Banjarnegara, Sarana Tambah Angin Gratis diharapkan memberikan solusi menambah angin ban mobil/motor yang kekurangan angin bagi masyarakat yang melintasi sekitar Rutan Banjarnegara. Layanan ini juga dibuka dari pukul 08.00 - 14.00 WIB kecuali hari libur.
Selanjutnya, SIBERGAS RUBARA adalah layanan konsultasi berbagi gembira dan sehat, ini merupakan inovasi layanan kesehatan yang dimiliki Rutan Banjarnegara yang memberi fasilitas kepada pengunjung WBP untuk memeriksa kondisi tubuh, tensi serta konsultasi kesehatan lainnya. Â
YANSIMAS RUBARA sendiri merupakan layanan komunikasi antara Rutan Banjarnegara dengan keluarga WBP lewat aplikasi Whatsapp Messenger (WA). Adapun tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat keluarga WBP untuk berkomunikasi.
Inovasi layanan unggulan ke empat yang dimiliki Rutan Banjarnegara yaitu Papan Data Informasi Warga Binaan. PANDAWA bertujuan agar warga binaan tidak kebingungan dalam hal informasi, yang sering menjadi tanda tanya Warga binaan yaitu tentang bagaimana mendapatkan hak integrasi dan kapan masa hukuman berakhir serta informasi lainnya.
Dalam kesempatan yang sama, pengunjung atau warga sekitar yang hadir dalam launching inovasi pelayanan di Rutan juga berkesempatan langsung untuk menggunakannya. Â Â Â