Mohon tunggu...
Rusmini Asih
Rusmini Asih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Bisnis Digital Universitas Amikom Purwokerto

2nd Year Digital Business Student

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Transformasi Media Digital Terhadap Perilaku Konsumen

1 Januari 2024   18:48 Diperbarui: 1 Januari 2024   22:45 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Perilaku Konsumen. Foto: Unsplash

Media digital telah mengalami perkembangan yang begitu cepat dan pesat dalam beberapa tahun ini. Di era digitalisasi ini kemudahan setiap konsumen di seluruh dunia dapat dituangkan melalui media digital dengan sangat detail dan terperinci. Transformasi media digital telah memberikan dampak yang besar terhadap perilaku konsumen di berbagai aspek, diantaranya :

1. Kemudahan dalam mengakses berbagai informasi

Informasi dalam media digital dapat dengan mudah dan lengkap diambil melalui internet. Kemudahan dalam mengakses informasi dapat memengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. Dengan adanya informasi yang mudah diakses, konsumen juga harus pandai dalam memilah dan mengambil informasi yang benar dan terpercaya.

2. Peningkatan interaksi dan keterlibatan konsumen di dalam media sosial

Adanya media sosial dapat memudahkan konsumen dalam melakukan interaksi dan memberikan opini. Keterlibatan konsumen di dalam media sosial juga dapat memengaruhi konsumen lain dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, hal ini juga harus menjadi perhatian untuk konsumen dalam berinteraksi sosial, pastikan gunakan media sosial dengan sebaik mungkin. Gunakan kata-kata yang sopan dalam menyampaikan pendapat baik itu saran maupun kritik.

3. Perubahan perilaku kosnumen dalam melakukan pembelian

Media digital memberikan akses dan layanan yang lebih mudah dalam pembelian menggunakan e-commerce. Kemudahan ini dapat dilihat dari kemudahan fitur dalam platform e-commerce dari cara pembelian hingga cara dalam melakukan pembayaran. Selain memudahkan konsumen, adanya e-commerce ini juga memberikan pengaruh konsumen menjadi lebih konsumtif dalam melakukan pembelian.

4. Perubahan gaya hidup konsumen

Media digital telah memberikan pengaruh gaya hidup konsumen dengan memberikan akses ke konten hiburan, berita dan akses lainnya, hal ini tentnya didapatkan oleh konsumen dengan sangat mudah dan instan. Dengan adanya media digital gaya hidup yang dilakukan oleh konsumen terutama dalam mengahbiskan waktu luang dapat dilakukan secara online.

5. Pengaruh pada dampak psikologis

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun