PENDINGINAN PADA MOBIL
Sistem Pendinginan yang terdapat pada mesin berfungsi untuk mendinginkan dan mencegah agar mesin tidak menjadi terlalu panas dengan mengatur dan menjaga temperatur yang tepat selama mesin beropeasi.Temperatur air pendinginan selama mesin beropasi 80 Â dan 85 Â atau biasa di sebut temperatur kerja mesin.
Dibawah ini diterangkan bagian-bagian sistem pendinginan yang perlu mendapatkan perhatian dan pemeriksaan pada waktu-waktu tertentu untuk membatasi kemungkinan terdapat kelainan atau kerusakan
Di dalam sistim ini terdapat mantel pendingin (water jacket) yang menyelubungi silinder-silinder motor dalam blok silinder dan kepala silinder.Â
Mantel pendingin berhubungan dengan radiator yang dipasangkan di bagian depan mesin, air yang telah panas dalam mantel akan dialirkan ke radiator untuk didinginkan. Pendinginan air ini dilakukan oleh udara yang mengalir melalui kisi-kisi radiator, sedangkan tarikan udara dilakukan oleh kipas yang digerakan oleh mesin.
 Agar suhu kerja dapat lebih cepat tercapai, maka pada sistim pendinginan ini dipasangkan termostat yang akan bekerja pada saat temperatur mesin masih rendah.
a.Sirkulasi alam (natural circulation)
b.Sirkulasi tekanan (forced circulation)
a. Â Sirkulasi alam.
Berat jenis air akan turun bila suhunya bertambah dan apabila suhunya turun berat jenisnya akan naik. Sirkulasi alam bekerja atas adanya perbedaan berat jenis, air yang telah panas di dalam mesin akan naik ke bagian atas radiator dan setelah suhunya turun akan mengalir ke bagian bawah  radiator  untuk seterusnya  masuk kembali kedalam mesin.
Jumlah panas persatuan waktu yang dapat diambil oleh sistim pendinginan ini relatif kecil. Oleh karena itu hanya dapat digunakan oleh mesin-mesin dengan beban ringan saja.