Mohon tunggu...
Rusmana
Rusmana Mohon Tunggu... Guru - Guru

Hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Jangan Kaki Nempel Terus di Kopling, Maka Akan Terjadi?

25 April 2023   11:19 Diperbarui: 25 April 2023   11:23 309
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kopling pada mobil adalah : bagian memutuskan dan menghubungkan percepatan, salah satu dari fungsi kopling mobil.

Kopling adalah komponen mobil yang sangat sensitif dengan mesin,apabila terkena sedikit akan pengaruh ke mesin mobil apa lagi kaki kirinya menempel pada kopling terus ya tolong di hindari agar kopling awet sesuai dengan umurnya.

Kopling mobil akan ada atau banyak dampaknya bila kita merawatnya dengan baik,karena apabila kopling sedikit sudah aus atau tipis karena gesekan terus dengan fley wheel maka kinerja mesin mobil akan menurun,kecepatan dan memindahkan gigi susah kalau sudah fatal penyakit yang sudah termasuk ( transmisi mobil ).

Baca juga: Keheningan Malam

Jadi kopling harus sering di rawat dan pemeliharaannya,baik di kontrol dari sistem mekanik atau hidrolik.

Kalau kopling mekanik yah sudah jarang sih ini di gunakan pada mobil ,akan tetapi untuk sekedar tahu tidak ada salahnya ,antara lain : 

1.cek jarak pedal dan lantai mobil yang ada di ruang depan mobil.

2.Garpuh pembebas ,kita harus melihat yang adanya di antara mesin dan transmisi atau gigi mobil.cek baut atau mur penyetel di cek posisinya apakah udah jauh stelannya atau bagimana ?

3. Melihat dari gejala apabila kopling atau mobil sedang kita kendaraan ,apakah percepatan mobil ,setelah kopling kita injak dan kopling kita lepas dari masalah tenaga mobil tersebut ? Kalau ada lambat atau Tenga berarti kopling harus di cek kondisi plat koplingnya cek sendiri atau ke bengkel.

4.Apabila sewaktu kita kendarai mobil dan kita masukan atau menambah atau mengurangi percepatan ada hambatan ini pun kopling harus di cek.

5. Ada perbeda pada point ini ,apabila kopling ini penggerak hidrolik atau berdasarkan minyak (biasa di dekat arouh pembebas ada Cairan atau kata m ok nyak rem ,) perlu di cek apakah masih ada atau masih banyak minyaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun