Faktor penting yang menentukan keberhasilan suatu usaha rumah makan adalah lokasi dan cita rasa.
Salah satu usaha yang tidak akan lekang oleh waktu adalah warung makan. Sebagai salah satu dari kebutuhan primer yang selalu dibutuhkan banyak orang, terlebih bagi para pekerja, pejalan, dan penikmat kuliner.Â
Meskipun hanya warung makan kecil saja, namun sebaiknya juga melakukan riset sederhana lebih dulu. Riset tersebut nantinya berguna untuk membantu menentukan target pasar, model promosi, kelebihan usaha dan sebagainya.
Mencari informasi tentang makanan apa yang memiliki potensi tinggi untuk laku terjual, peluang untung, dan kondisi lingkungan sekitar dimana tempat warung berdiri nanti.Â
Menciptakan keunikan produk (menu) dalam bisnis kuliner agar tidak terkesan monoton menjadi keniscayaan. Hidangan yang stagnan mudah membuat bosan sehingga gampang kalah saing dengan kompetitor. Lewat keunikan produk pula lah, calon pelanggan tertarik untuk membeli dan mencoba produk kita.Â
Berwirausaha di bidang warung makan dibutuhkan kepiawaian dalam meracik bumbu agar menghasilkan rasa dan menu yang dapat diterima oleh lidah rata-rata.
Sebagai contoh, jika membuka sebuah warung di sekitar sekolahan, warung akan sepi jika harga yang ditetapkan terlalu mahal. Ini lah pentingnya mengetahui pangsa pasar sebelum memulai usaha warung makan.
Untuk mengembangkan sebuah usaha, dibutuhkan jiwa wirausaha yang baik dengan konsisten dan tidak mudah menyerah. Walaupun ada kendala, maka bisa cari tahu apa penyebab dan solusi dari problem tersebut.
Usaha warung tidak sekadar makanan yang bercita rasa. Selain kemahiran memasak, membutuhkan keterampilan manajemen pengelolaan keuangan yang baik.Â