Mohon tunggu...
Rumpi Tekno
Rumpi Tekno Mohon Tunggu... -

Website atau portal IT sudah sangat banyak di dunia maya ini. Sayangnya, halaman-halaman teknologi informasi ini seolah-olah hanya ditujukan untuk mereka yang sudah lama berkecimpung di dunia teknologi informasi. Tidak ada yang menyentuh kalangan pemula dan mereka yang awam tentang IT. Atas dasar itulah RumpiTekno (www.rumpitekno.com) hadir dikalangan Anda. RumpiTekno menerapkan kebijakan user based content, sehingga Anda dapat ikut berperan aktif di situs kami. Artikel yang ada di sini adalah dari, oleh, dan untuk Anda semua. Saat ini, para penulis buku komputer di PT Elex Media Komputindo telah menjadi pendukung utama dalam mengisi artikel yang dimuat di sini.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Pelayanan Internet First Media Semakin Parah!

30 Januari 2014   12:39 Diperbarui: 24 Juni 2015   02:19 5369
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertama di Indonesia! TV kabel berbayar dengan channel HD yang terbanyak dan terlengkap di Indonesia. Siap menghibur Anda dengan ketajaman gambar hingga 5x gambar biasa dan kualitas suara Dolby Digital 5.1. Cuma First Media yang mampu menghadirkan hiburan kelas dunia berkualitas HD di rumah Anda. Barangkali janji-janji tersebut terdengar menyakinkan ditelinga apalagi disampaikan oleh SPG yang cantik ketika mereka melakukan promo di mal2. Ketika berbagai penyedia layanan kabel tv bersaing ketat untuk mencari customer baru, tentunya mereka akan menjanjikan segudang pelayanan yang mengiurkan tidak terkecuali First Media. Berikutnya, review pelayanan First Media untuk pertimbangan customer baru dalam memilih penyedia kebal TV yang paling tepat.

Combo Package

First Media kini hadir dengan 4 paket combo (http://sby.firstmedia.com/combo/combo-package-selection) dimana Anda akan mendapatkan paket TV kabel berbayar ditambah dengan paket internet.

Sejak bulan Oktober, sebagai pelanggan, saya dijanjikan oleh First Media akan mendapatkan 50 HD channel secara gratis selama 3 bulan dan selanjutnya 27 HD channel, 67 SD channel dan layanan internet hingga 3Mbps. Namun pada kenyataannya, sejak dari awal ikut paket DLite HD, seringkali saya harus menghubungi Call Center (031-5016111) berulang kali karena banyak channel yang dijanjikan tidak dapat ditonton. Dan seringkali juga, lewat telpon, akan diberikan informasi untuk melakukan reset pada digital decoder yang terkesan sangat rewel pelayanannya. Sampai hari ini, masih banyak channel yang dijanjikan tidak dapat ditonton dan reaksi FirstMedia sangat lamban atasi masalah ini.
Rekomendasi: Pastikan channel apa yang sungguh-sungguh akan disediakan selanjutnya karena apa yang dijanjikan oleh marketing First Media maupun lewat situs First Media (http://sby.firstmedia.com/combo/combo-package-selection) tidak akan sesuai dengan apa yang Anda akan dapatkan.

Apa benar hanya Rp279.000/bulan?

Dengan hanya Rp279.000 per bulan, Anda akan mendapatkan 27 HD channel, 67 SD channel dan layanan internet hingga 3MPS Namun pada akhir bulan Anda akan ditagih Rp 707.000! Biaya ini terdiri dari rental digital decoder (Rp40.000 per unit/bulan). Pada umum, Anda akan memasang satu digital decoder di ruang keluarga dan dua lagi decoder di masing-masing kamar sehingga biaya dari decoder mencapai Rp120.000. Ditambah rental modem sebesar Rp20.000/bulan dan biaya berlangganan DLite (Rp249.000) plus pajak (Rp 34.900). Yang lebih mengecewakan adalah janji dari marketing bahwa rental digital decoder tidak akan dibebankan pada tahun pertama, namun pada kenyataannya akan ditagihkan. Rekomendasi: Sampai saat ini, saya masih belum terima kabar dari First Media tentang kepastian tagihan rental digital deocder. Apakah akan ditagih pada tahun berikut seperti disampaikan oleh tele marketing? Anda harus langsung tanyakan ke kantor First Media dan jangan percaya dengan janji2 yang disampaikan lewat telepon.

Kecepatan Internet Yang Sangat Lambat!

First Media  menjanjikan kecepatan internet sampai 3Mps, namun pada kenyataannya hanya berkisar antara 2-3MBPS. Diatas itu juga sering terjadi "Request Time Out" sehingga untuk membuka Google butuh lebih dari 30 detik atau membuka Kompas.com membutuh 60 detik. Dan dengan kecepatan upload hanya 0.01 MBPS, diperlukan 5 menit hanya untuk upload 1MB data. Kondisi " Request Time Out" sering terjadi sejak Nopember dan baik teknisi lewat telpon maupun teknisi yang langsung datang ke tempat memberi alasan bahwa server First Media di daerah lagi trouble ataupun alasan bahwa First Media sedaing meningkat sistemnya yang belum stabil dan sampai2 ada diantara teknisi First Media yang menyarankan kami untuk berganti provider.
Ketika saya coba menghubungi Sdr Suriah selalu Customer Rendetion Officer di Surabaya, dia menyampaikan bahwa itu bukan tanggung jawabnya untuk menangkapi keluhan customer dan kemudian kemana kami harus menyampaikan permasalahan ini. Ketika saya berkata saya akan menyampaikan keluluhan saya di Surat Pembaca, malah dia mempersilahkan saya berbuat demikian.
Rekomendasi: Kalau Anda memerlukan layanan internet yang cepat - jangan berharap ke paket layanan internet dari First Media. Setiap hari, saya mengalami koneksi putus-putus dan kecepatan internet yang tidk masuk akal sehingga tidak memungkinkan untuk download atau upload data dengan stabil.

Customer Support

Ketika Anda ingin menghubungi Customer Support, terkesan sulit sekali untuk dapat terbubung dengan orang yang dapat membantu Anda. Selain itu, Anda juga akan ditanya berbagai pertanyaan sehingga membuat pengalaman Anda menghubungi Customer Support tidak menyenangkan. Dan jadwal teknisi untuk mengunjungi tempat Anda sering kali tidak tepat waktu. Pada umumnya, teknisi yang bersangkutan akan datang 2-5 jam setelah schedule yang telah ditentukan. Saya pernah dijanji akan dikunjungi oleh teknisi diantara jam 14:00-17:30, namun teknisi itu datang ke tempat saya hampir pada jam 21:00. Kebijakan First Media saat ini adalah untuk menyerahkan sebagian besar Customer Support kepada pihak lain sehingga yang datang ke tempat saya bukan teknisi dari First Media dan yang lebih menyedihkan adalah kenyataan free lance teknisi yang datang ke tempat saya setelah mengunjungi 9 customer lain dari pagi sampai malam. Banyak pelayanan dari teknisi First Media terkesan sangat menurun. Seminggu lalu beberapa teknisi dari First Media sempat melakukan pengantian kabel namun kabel yang lama dibiarkan dijalan tanpa peduli keselamatan orang lain dijalan.

Sungguh menakjubkan melihat ada perusahaan seperti First Media yang memiliki standar pelayanan begitu buruk dan karyawan yang tidak tanggung jawab. Dengan review ini, semoga ada pihak yang bertanggung jawab di FirstMedia dapat segera memperbaiki pelayanan dan tanggung jawabnya kepada pelanggannya. Christopher Lee

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun