Mohon tunggu...
Ruly Abdillah Ginting
Ruly Abdillah Ginting Mohon Tunggu... marine surveyor indonesia -

saya bekerja di perusahaan jasa marine survey indonesia

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Cara Kerja On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang

28 Juli 2015   09:28 Diperbarui: 11 Agustus 2015   20:41 259
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

  Berikut ini kami ingin sharing tentang bagaimana cara kerja seorang marine surveyor indonesia dalam melakukan pekerjaan marine survey berkenaan dengan On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang, sebagaiman yang kami kerjakan beberapa waktu yang lalu di atas kapal tongkang BG. SMS 250, bagi anda rekan pelaut dan sahabat marine surveyor indonesia yang berminat, silahkan lanjutkan untuk membaca tulisan kami ini tentang Cara Kerja On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang sebagai berikut; Pertama-tama yang mesti kita tau adalah tujuan di lakukan On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang ini adalah untuk menjadi ajuan dalam sebuah laporan survey tau Survey Report yang akan di gunakan oleh para Charter Party yaitu pihak Owner dan Charterer dalam menghindari adanya dispute atau atau ketidakcocokan kondisi kapal pada saat penyerahan dari pemilik kapal (owner) kepada penyewa kapal (charterer), maka survey report untuk On Hire Condition Survey di Kapal Tongkang harus menceritakan secara jenis kondisi terkini daripada kapal yang akan kita survey atau periksa. Periksalah secara seksama dan teliti kondisi kapal tongkang termasuk hal kecil seperti jumlah baut penutup manhole kapal sekalipun harus dicatat jumlah dan kondisinya.  Barge's Particulars of BG. SMS 250•    Name of Vessel   : BG. SMS 250•    Flag                    : Indonesia•    Port of Registry   : Jakarta•    Classification       : ABS•    Type of Vessel     : Deck cargo barge•    Built                    : 2010•    Gross Tonnage / NRT : 2,359 / 708•    LOA                    : 73.15 M•    Breath                 : 24.40 M•    Depth                  :  4.90 M BG. SMS 250  adalah sebuah kapal tongkang jenis flat top deck cargo barge yang mempunyai kontruksi baja secara keseluruhan pembangunannya dibawah pengawasan class American Bureau of Shipping (ABS), selanjutnya pemeriksaan kapal meliputi;1. Periksa kelengkapan Surat-Surat Kapal2. cek  Kondisi Hull / badan kapal3. Kemudian Main Deck, Bollard Bitts, Cargo Stanchion, Rubber Tire fender, Man Holes, Wind Anchor, Towing Gears & Mooring Rope, Pilot Ladders , Navigational Light Stand & Diamond Shape, Head and Stern Log, Forward and After Swim End dan Internal tanks jika ada permintaan khusus untuk masuk kedalam tanki manhole. Baca juga :

Cara Mengerjakan Lashing Securing & Stowage Condition Survey

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun