Mohon tunggu...
Ruli Insani Adhitya
Ruli Insani Adhitya Mohon Tunggu... -

Anak yang bercita-cita dan bertekad membanggakan kedua orangtuanya

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Prosedur Pembuatan SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara) / KIPEM (Kartu Identitas Penduduk Musiman)

29 April 2014   09:05 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:04 14139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
13987118042079450008

Cuman Cerita dan Curhatan Biasa

Saya mau share info yang mungkin cukup penting nih buat temen-temen mahasiswa atau siapa aja deh yang sekiranya memang mau bikin surat ini. Ya khususnya mahasiswa atau orang-orang yang membutuhkan SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara) atau KIPEM (Kartu Identitas Penduduk Musiman) yang mungkin dibutuhkan untuk persyaratan keperluan tertentu.  Perlu diketahui nih, sebetulnya sekarang ini KIPEM sendiri tuh udah gak ada, jadi sekarang hanya ada SKTS aja. Tau sendiri kan sekarang kita semua udah pake e-KTP (Kartu Tanda Pengenal Elektronik). E-KTP sendiri kan udah berlaku di mana-mana, di mana pun mereka tinggal. Tapi walaupun demikian, bagi orang-orang yang mungkin sedang merantau jauh dari kampung halamannya trus tiba-tiba ada keperluan tertentu yang mengharuskan adanya SKTS, pasti butuh banget dong infonya. Sekedar curhat aja ya, saya sendiri dulu bikin SKTS tuh buat persyaratan ikutan program PPAN (Pertukaran Pemuda Antar Negara) di Yogyakarta yang diadain sama PCMI (Purna Caraka Muda Indonesia), itu tuh organisasinya para alumni pertukaran pemuda antar negara. Keren ya!! Hehehe. Maklum saya berasal dari Garut Jawa Barat dan bukan orang Jogja yang memiliki KTP Jogja. Akhirnya persyaratan KTP harus diganti dengan SKTS.

Ya udah langsung aja ya ke topiknya. Sekedar info aja ya, saya buat SKTS ini di DI Yogyakarta, tepatnya di Bantul. Jadi, untuk membuat SKTS itu sebenarnya agak-agak ribet juga sih. Awalnya saya gak tau sama sekali prosedur apa yang dilakukan pertama kali. Karena waktu itu saya nyari-nyari di internet, gak taunya dapet info yang mengharuskan kita bikin surat pengantar dari RT setempat buat ke kelurahan. Ceritanya dulu tuh udah bikin nih, pake maksa-maksain ketemu Pak RT yang sebenarnya saya datang ke Pak RT tuh klo lagi ada butuhnya aja. Trus habis bikin surat pengantar, saya langsung menuju ke kantor kelurahan. Dan ternyata eh ternyata, pihak kelurahan bilang klo yang ngeluarin surat SKTS tuh dari Dinas Dukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil). Awalnya sih saya kira gampang sesuai info yang saya dapat dari internet. Udah seneng kan saya kira hari itu juga SKTS bisa langsung jadi. Eh ternyata harus ngurus ke kantor Dukcapil. Curhat lagi deh, kebetulan saya tinggal di daerah Jurugentong, Dusun Tegal Tandan Banguntapan Bantul. Dan kalian tau gak kantor Dukcapil itu di mana? Di Jl. Brigjen Ngurah Rai No. 62 Bantul. Jauh banget keles dari Jl. Gedongkuning. Itu alamat kantor Dukcapil tuh adanya di deket Jl. Parangtritis, tepatnya di daerah Manding. Sekitar 45 menit waktu tempuh ke alamat kantor itu klo kita berangkat dari Jl. Gedongkuning. Cape deh...

Ok kita kembali ke laptop. Jadi lanjutin cerita tadi ya. Setelah saya selesai ngurus surat pengantar dari kelurahan dari kelurahan, langsunglah saya pergi ke kantor Dukcapil tersebut. Udah jauh, panas lagi, soalnya kan saya harus ngurus siang-siang dan tau sendiri siang-siang di Jogja klo gak mendung panasnya kaya gimana. Saya yang aslinya orang Garut Jawa Barat yang kulitnya agak-agak putih jadi tambah item aja. Lengkap sudah penderitaan saya (curhat mulu, harusnya ketemu mamah Dedeh nih hehehe).

Biar cepet gak usah diceritain gimana perjalanannya ya. Tapi pengen curhat sih. Ya udah curhat aja deh ya. Nah saya sebenarnya udah ikutin petunjuk petugas kantor kelurahan buat nyari alamat kantor Dukcapil ini. Eh gak taunya saya malah kesasar lantaran salah belok. Harusnya saya belok di perempatan yang kedua, eh malah belok di perempatan pertama. Mana waktu itu bensin udah mau abis lagi. Karena salah belok, entah ke mana arah yang saya tuju, karena tiba-tiba saya sampai di suatu daerah yang dihuni dan dilewati orang-orang. Memang heran sih, mana mungkin jalan yang begitu sepi menjadi tempat buat bikin kantor pemerintahan. Pada akhirnya saya pun berbalik arah dan mencoba mencari warga setempat yang bisa ditanyai. Alhamdulillah, akhirnya ada juga warga yang bisa ditanya, setelah sekian lama pencarian yang saya lakukan. Dengan tutur kata yang santun (maklum orng desa) akhirnya seorang mas-mas yang saya tanyai itu pun memberikan petunjuk kepada saya yang tersesat di jalan ini. Ya harapannya sih saya ditolong oleh mba-mba kembang desa di sana gitu, tapi ya karena cuman ada mas-mas, apa boleh buat, mau gak mau ya terima aja hehehe (maaf ya buat mas yang udah nolongin saya klo baca artikel saya ini, bukannya mau nyindir mas kok, mas nya ganteng deh.wkwkwk). Setelah saya mendapatkan pencerahan, perjalanan saya lanjutkan.

Ceritanya saya dah nyampe nih di komplek perkantoran Kabupaten Bantul dan udah nyampe di depan kantor Dukcapilnya nih. Horee. Seneng banget setelah menempuh perjalanan panjang nan melelahkan. Harapan saya waktu itu saya bisa segera memperoleh SKTS secepatnya. Masuklah saya ke kantor Dukcapil tersebut. Ternyata di dalam kantor sudah penuh dengan orang-orang yang sama-sama berniat mengurus administrasi kependudukannya. Banyak orang (pake bingit), karena orang-orang pada ngantri nomor urut kaya mau dibagiin zakat, eh kaya orang mau dihisab di alam barzakh hahahaha lebay. Ternyata eh ternyata, setiap orang yang datang harus ngambil nomor antrian (udah kaya di bank juga ternyata). Waktu itu ada empat loket yang masing-masing loket tuh berbeda-beda tugasnya. Oleh sebab itu, tombol untuk mengambil nomor antrian tuh ada empat. Saat melihat alat pencetak nomor antrian itu, ada dua tombol yang membuat saya bingung. Harus pencet tombol manakah buat ngantri bikin SKTS. Akhirnya saya tanyain aja ke petugas yang jagain alat itu. Yang bikin jengkel tuh penjaganya malah debat coba. Yang satu bilang saya harus pencet tombol D klo mau bikin SKTS dan yang satu lagi bilang saya harus tekan tombol B. Awalnya saya udah yakin dan udah teken tuh tombol yang B, eh gak taunya malah dua petugas nih nyaranin teken tombol D. Udah gitu ngantriya ini di tempat yang berbeda pula. Saya disuruh pindah ke ruang sebelah, karena loket tombol D ada di sebelah (beda sendiri). Akhirnya masuklah saya ke ruangan tersebut tanpa bertanya kembali ke petugas (ceritanya saya percaya aja sama petugas tadi). Ngantri di loket D ternyata udah banyak orang juga yang ngantri. Waktu itu ada 15 antrian lagi yang harus saya tunggu sampai giliran saya tiba. Sekian lama saya menunggu waktu yang saya tunggu-tunggu yaitu waktu di mana nomor antrian saya dipanggil akhirnya datang juga. Namun apa yang terjadi sungguh-sungguh mengecewakan saya. Petugas loket D tersebut bilang klo saya salah ngambil nomor antrian dan salah tekan tombol di alat pencetak nomor antrian. Padahal saya sudah menunggu sekitar setengah jam di ruangan tersebut. Petugasnya bilang: “Mas seharusnya ambil nomor antrian loket B di depan”. F*CK..hahaha tambah bikin stres sama bete aja.

Setelah kejadian menjengkelkan itu, saya pun akhirnya pergi kembali ke tempat pengambilan nomor antrian dan langsung saja saya tekan tombol B. Awalnya sih udah seneng soalnya cuman ngantri satu orang aja. Dengan penuh kesabaran saya tunggu nomor antrian saya ini. Tetapi lama kalamaan rasanya jengkel juga karena satu orang yang lagi di loket ini lamanya minta ampun Sekitar setengah jam saya tunggu orang itu nyelesaian keperluannya. Udah bete ditambah bete lagi. Rasanya pengen bakar kantor Dukcapil nih hahahaha. Singkat cerita akhirnya giliran saya tiba. Saya pun menuju loket dan menunjukkan kertas nomor antrian saya. Waktu itu petugas yang ngelayanin di loket adalah seorang mba-mba, sayang sih mba-mbanya gendut, jadi gak ngerasa terhibur deh. Betenya gak terobati -_- . Dengan wajah datar, petugasnya bilang: “Ada yang bisa saya bantu mas?”. Saya jawab: “Saya mau bikin SKTS mba”. Petugas kembali bertanya: “Syarat-syaratnya udah terpenuhi atau belum mas?”. Saya bilang lagi ke mbanya: “Saya cuman bawa ini mba (sambil menunjukkan surat pengantar dari kelurahan, photo copy KTP sama pas foto)”. Saya sudah PD banget hari itu juga SKTS bakalan jadi. Namun, petugas tersebut menghancurkan harapan saya. Petugas tersebut berkata: “Mohon maaf mas, untuk membuat SKTS itu mas harus memenuhi persyaratan ini, ini, ini”. What the fuck?? Ternyata inilah berkas-berkas yang harus dibawa saat kita membuat SKTS:

Berkas-berkas persyaratan pembuatan SKTS

1.Surat keterangan pindah sementara dari daerah asal

2.KTP dan KK (Kartu Keluarga) pemohon (ASLI)

3.KTP dan KK (Kartu Keluarga) keluarga atau penghuni rumah yang kita tinggali (ASLI)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun