Mohon tunggu...
Ruliana Sofia
Ruliana Sofia Mohon Tunggu... -

Ruliana Sofia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kurikulum 2013

25 Agustus 2013   19:57 Diperbarui: 24 Juni 2015   08:49 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sekolah kami termasuk salah satu pilot project untuk melaksanakan kurikulum 2013. Dan saya salah satu guru yang melaksanakan kurikulum itu, karena saya guru matematika yang mengajar kelas 7. Terus terang saya sedikit bingung, karena saya bukan guru yang dikirim untuk membedah kurikulum 2013.

Berdasarkan pengalaman teman - teman yang ikut diklat kurikulum 2013 dan keingintahuan saya tentang kurikulum 2013 dari dunia maya sedikit saya tahu tentang kurikulum baru tersebut.Menurut saya kurikulum 2013 itu bagus sekali bila dipersiapkan dari jauh - jauh hari. Dan buku pegangan siswa yang saya baca soal - soalnya cukup berbobot sehingga saya sebagai gurupun harus benar benar mempersiapkan diri untuk mengajarkan materi baru kepada siswa.Karena yang kita hadapi adalah manusia, bukan benda mati. Sehingga apabila dalam memberikan materi ada kesalahan dan anak tidak tahu mereka akan menelan mentah - mentah ilmu yang didapatnya.

Belum lagi muatan materi yang luar biasa banyak menurut saya. Dan sistem penilaian yang berbeda dari kurikulum sebelumnya. Dari apa yang saya dapat dari teman saya yang telah mengikuti diklat kurikulum 2013, anak -anak juga dinilai afektifnya, terobosan ini baik sekali sehingga anak jadi semakin peduli dan mau belajar. Hanya saja saya dalam menilai anak -anak tidak dapat fokus karena guru  juga harus mendampingi anak memahami materi yang diajarkan. Kalau memungkinkan, kurikulum 2013 ini diajarkan secara team teaching, sehingga observer maupun pemateri dapat fokus ke bidangnya.

Ruliana Sofia  no : 104

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun