Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIIM) sepertinya tak mau kehilangan moment untuk tetap merajai pangsa motor sport di Indonesia. Setelah beberapa waktu lalu meluncurkan motor sport fairing 150cc yakniYamaha YZF R15, dalam waktu yang beredekatan tepatnya kemarin YIMM juga merilis motor sport fairing berkapasitas 250cc, yakni Yamaha YZF R25, Bagaimana spek motor berkapasitas 250cc ini? Tidak main main, motor ini dipersiapkan Yamaha cukup matang sejak jauh hari, bahkan Yamaha juga menurunkan tim dari Jepang langsung untuk melakukan riset pada Yamaha R25. Hal ini terbukti mulai dari desain bodi, fitur, hingga mesin terlihat lebih matang dan sedikit diatas para kompetitor. Yamaha menjuluki YZF R25 ini sebagai baby M1 (Yamaha M1 merupakan motor yang digunakan Rossi dan Lorenzo diajang MotoGP), hal ini nampak dari desain yang sangat sporty. Seolah tak mau meninggalkan R-DNA Yamaha tetap mempertahankan supersport pada desainnya, hal ini terlihat dengan predator headlight dengan sporty air duct di tengahnya, bagian belakang yang meruncing dengan lampu tipe LED, Balutan fairing multi layer di kanan dan kiri yang merupakan ciri khas R-Series, serta dilengkapi velg aluminum dengan ban tapak lebar. Pic : TMCblog.com Untuk dapur pacu atau mesin pun Yamaha tergolong istimewa dalam meraciknya untuk R25, dimana mesin dual silinder segaris berkapasitas 250cc. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi DOHC direct drive camshaft dengan 4 katup tiap silindernya. Yamaha R25 ini juga memiliki ruang bakar dengan kompresi yang cukup tinggi dengan saluran intake tipe down draft. Semakin teruji ketahannya dengan pengaplikasin diasil silinder serta forged piston yang memang jadi andalan Yamaha. Untuk pengkabut bahan bakar jelas sudah menggunakan sistem Injeksidengan 12 lubang injektor. Mesin ini mempunyai tenaga maksimal 36 PS dan menjadi paling besar dikelasnya. Dengan mesin segahar itu tentu handling motor juga harus diperhatikan agar tetap nyaman dikendarai, untuk itu Yamaha melengkapi R25 ini dengan Diamond frame dan desain mesin yang kompak. Untuk suspensi depan menggunakan teleskopik diamate 41mm sedangkan suspensi belakang bertipe monocross, long asymmetric rear arm, mid ship muffler sebagai pusat dari gravitasi turut berkontribusi menghasilkan bobot motor menjadi 166 kg dengan distribusi bobot yang sempurna yakni 50%:50% sehingga pengendalian yang disajikan lebih sporty http://db-otomotif.blogspot.com/2014/05/spesifikasi-lengkap-yamaha-yzf-r25.html
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H