Ditanya tentang event keren, pasti ada kriteria tertentu sehingga disebut keren. Kalau buat aku sih paling tidak ada 3 syarat event dikatakan keren: 1. Memberdayakan potensi dan menuju kepada masa depan yang cemerlang, 2. Realistis untuk dilakukan, dan 3. mengedukasi. Apa event yang pas dengan ketiga kriteria itu? Workshop Ancol Impian. [caption id="attachment_158353" align="aligncenter" width="259" caption="Sumber Gambar: rifiyu.com"][/caption] Buat aku Ancol adalah tempat yang spektakuler. Aku melihat tempat seperti Ancol adalah wadah untuk imajinasi Indonesia. Apa maksudnya? Kita butuh tempat yang mewadahi cara berpikir yang tidak biasa, yang kemudian itu adalah cikal bakal penciptaan buat Indonesia. Berpikir 'nyeleneh' biasanya dianggap abnormal, dikatakan gila, atau apalah sebutannya. Sebutan dan cibiran ini yang membuat kita akhirnya jadi penakut untuk bermimpi. Padahal mimpi itu gratis. Orang kemudian hanya bersorak dan menikmati hasil impian ketika orang lain berhasil. Celakanya, ia kemudian berkata, "Kenapa bukan aku?". Ini hanya sebentuk kata keterlambatan yang tak akan terjadi jika berani memulainya. Seperti dalam proses berpikir kreatif yang membutuhkan tahap inkubasi, maka dibutuhkan tempat yang menjadi inkubatornya. Apa itu inkubasi? Dalam proses berpikir kreatif, tahap inkubasi adalah tahap dimana pikiran beristirahat sejenak ketika berbagai pemecahan persoalan mengalami jalan buntu. Pada tahap ini, sebenarnya proses pemecahan masalah terus terjadi di bawah sadar. Tahap ini dibutuhkan untuk mencapai insight atau inspirasi. Dengan demikian, untuk mencapai inspirasi, atau biasanya disebut 'aha!', kita butuh inkubator, yaitu tempat yang mendukung terjadinya inkubasi. Tempat bersantai, seperti taman kota, laut, sawah, teras rumah dan sejenisnya adalah ruang dimana inkubasi bisa terjadi. Ancol adalah salah satu tempat yang punya daya inkubasi. Tapi Ancol jelas memiliki nilai lebih. Apa itu? Selain menjadi ruang inkubasi, Ancol juga sekaligus tempat disajikan hiburan yang menginspirasi. Jadi, selain mendukung proses keratif, Ancol juga menyediakan inspirasi dalam penciptaan ide, aktivitas atau karya. Kenapa event-nya Workshop Ancol Impian? Ide event spektakuler ini muncul karena aku adalah seorang fasilitator atau trainer yang biasanya memanduk training atau workshop. Akan sangat terhormat jika ada kesempatan untuk memfasilitasi Workshop Ancol Impian. Namun jika tidak, yang terpenting adalah pada pewujudan idenya. [caption id="attachment_158357" align="aligncenter" width="640" caption="Sumber Gambar: detik.com"]
[/caption] [caption id="attachment_158359" align="aligncenter" width="425" caption="Sumber Gambar: detik.com"]
[/caption] Berhubungan dengan nilai plus
ancol untuk kreativitas, maka
Workshop Ancol Impian punya tiga kelebihan: 1.
Ancol tempat inkubasi Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya,
Ancol mampu mengondisikan pikiran untuk santai, tetapi sekaligus bekerja di bawah sadar. Berbagai pilihan wahana yang tidak hanya mengindisikan santai tapi juga punya kekuatan untuk berimajinasi. Dalam Workshop
Ancol Impian, peserta workshop yang terdiri dari pengelola dan pengunjung akan bercengkerama, berbicara tentang potensi dan kekuatan
Ancol selama ini atau sampai saat ini. Menyadari kekuatan akan membuat kita semakin jelas, apa kelebihan-kelebihan
Ancol yang bisa dikelola dan dijual, apa nilai tawar lebihnya jika dibandingkan dengan tempat hiburan yang lain. 2.
Ancol membuat orang berani bermimpi Jika di tempat kerja atau tempat kita beraktivitas sehari-hari bermimpi dianggap aneh, maka
Ancol memberikan kebebasan buat kita untuk bermimpi. Tempat imajinatif akan memberikan kebebasan orang untuk berimajinasi. Pengelola dan pengunjung yang jadi peserta workshop, selain ngobrol tentang kelebihan yang sudah dimiliki
Ancol, mereka juga berbicara tentang impian
Ancol ke depan. Coba bayangkan jika setiap orang, terutama pengunjung punya impian tentang
Ancol dan impian tersebut disatukan menjadi impian bersama. Masih ingat dengan quote, "
A dream you dream alone is only a dream. A dream you dream together is reality" (John Lennon)? Jika kita yakin, maka mari bermimpi tentang
Ancol! 3.
Ancol sebagai gudang kekuatan Selain potensi yang dimiliki sebagai tempat berinkubasi dan berimajinasi,
Ancol juga punya kekuatan manusia. Maksudnya? Iya,
Ancol punya pelanggan, punya fans, punya pengunjung yang meminatinya. Pengunjung atau fans yang banyak ini terdiri dari beraneka orang yang punya potensi dan imajinasi. Orang yang banya tersebut, bisa membicarakan tentang kekuatan
Ancol kini dan impian
Ancol di masa depan saja sudah luar biasa, lebih-lebih jika mampu merumuskan desain langkah untuk mewujudkannya. Namun demikian, menjaring apresiasi mereka akan pelayanan
Ancol selama ini dan impian
Ancol di masa depan saja sudah cukup bagus. Tinggal pengelola yang kemudian akan membuat langkah untuk mewujudkannya. Jika pertemuan melibatkan orang banyak, workshop bisa jadi
summit meeting yang sangat menentukan masa depan
Ancol. Coba bayangkan jika Workshop Ancol Impian ini bisa dilakukan setiap tahun, yaitu pada dalam rangka memperingati hari ulang tahun
Ancol (Kalau tidak salah 29 Agustus ya?). Dengan demikian, setiap tahun jadi ajang buat
Ancol untuk melihat apa yang telah dicapai dan bagaimana
Ancol di satu tahun yang akan datang. Hasil workhsop bisa dimonumenkan dalam bentuk hasil karya yang dipajang di museum imajinatif (baca juga:
Museum Imajinatif, Terobosan Ide Kreatif). [caption id="attachment_158355" align="aligncenter" width="300" caption="Sumber Gambar: vivanews.com"]
[/caption] Demikian event keren yang merupakan ide kreatifku di
Ancol.
Bagaimana dengan ide kreatifmu? facebook shared:Â http://www.facebook.com/cahyonorudi/posts/141104079340072 twitter shared:Â https://twitter.com/#!/rudicahyo/statuses/162219011160027137 Tulisan Terkait Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H
Lihat Money Selengkapnya