Mohon tunggu...
Andharesta NurGiovannie
Andharesta NurGiovannie Mohon Tunggu... Mahasiswa - Membuat artikel adalah hobi

selamat datang di akun kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dampak Covid-19 yang Dirasakan oleh Siswa

11 Maret 2021   22:47 Diperbarui: 11 Maret 2021   23:17 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pandemi Covid-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia termasuk di Indonesia ini menyebabkan kepanikan luar biasa bagi seluruh masyarakat, juga meluluh lantakkan seluruh sektor kehidupan. Pemerintah Indonesia pun mengambil kebijakan yang bertujuan untuk memutus rantai penularan pandemi Covid-19. Salah satunya adalah penerapan kebijakan social distancing, dimana warga harus menjalankan seluruh aktivitas di rumah, seperti bekerja, belajar, termasuk dalam melaksanakan ibadah.

Penerapan kebijakan social distancing ini jelas sangat berdampak terhadap seluruh sektor kehidupan, terutama pada sektor perekonomian, yang secara tidak langsung menyebabkan tersendatnya laju perekonomian.

Selain berdampak pada sektor perekonomian, sektor pendidikan juga turut terkena dampak yang cukup fatal. Kegiatan belajar mengajar terpaksa harus dilakukan dalam jarak jauh. Akan tetapi, dari kebijakan ini juga banyak pihak yang belum siap untuk melaksankan pembelajaran melalui jarak jauh atau yang dikenal dengan sebutan daring ini.

Bukan hanya kesiapan yang masih perlu dibenahi dari pembelajaran jarak jauh ini, banyak kalangan yang ternyata tidak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar jarak jauh karena terbatasnya kemampuan masyarakat, banyak diantaranya yang tidak memiliki perangakat yang menunjang pembelajaran jarak jauh.

Dalam menyikapi fenomena yang terjadi ini, Saya selaku mahasiswa KKN UPI 2021 melaksanakan KKN di SMKN 5 Jakarta mendapatkan masukan dari para murid tentang bagaimana pembelajaran daring berlangsung dan dampak yang mereka rasakan.

Banyak sekali murid yang mengeluh akan proses pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 berlangsung. Ada murid yang menjelaskan bahwa pembelajaran secara online kurang efektif karena dirasa tidak menumbuhkan semangat belajar pada setiap harinya karena murid terbiasa untuk bertatap muka dengan teman dan guru, sehingga siswa kehilangan gairah untuk melaksanakan pembelajaran.

Untuk menghadapi situasi seperti itu, sebagai mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN. Saya memberikan saran kepada murid dan guru sekolah untuk melaksanakan pembelajaran daring secara lebih kreatif yakni diselingi oleh permainan atau ice breaking yang dilaksanakan di sela pembelajaran daring.

Sehingga pembelajaran secara daring tidak membosankan dan terkesan monoton karena hanya seperti guru bercerita, tidak ada interaksi yang nyata saat pembelajaran daring berlangsung diantara guru dan murid sehingga pembelajaran tidak efektif bagi siswa maupun guru.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun