Penulis: rr. Nurul Hidayah, S.Pd.I., Gr., C.LMP., C.LCWP.
(Guru PAI BP SDN 1 Nagrikidul Purwakarta, Jawa Barat).
Konsep pengembangan profesionalitas menurut para ahli dapat di definisikan bermacam-macam.Â
Salah satu pendapat dikemukakan oleh Alba Sandberg Diah Riana M, 2009: 40-41 sebagai berikut. "The concept of professional development is not clearly delimited. A profession traditionally is defined as being based on systematic, scientific knowledge. Preliminary development of professional skill has occurred largely through designated higher education programs, with sussequent development taking various forms".Â
Inti dari pendapat Albadan Sandberg bahwa suatu profesi digambarkan sebagai dasar pengetahuan sistematis dan pengetahuan ilmiah, untuk itu diperlukan pengembangan profesional yang dirancang luas melalui program- program pendidikan lebih tinggi dengan berbagai bentuk pengembangan.Â
Dari uraian diatas dapat disimpulkan pengembangan profesionalitas guru adalah usaha memberi bantuan pada guru untuk memperluas pengetahuan, meningkatkan keterampilan mengajar dan menumbuhkan sikap profesional sehingga guru ahli dalam mengelola kegiatan belajar mengajar dalam membelajarkan peserta didik.
siswa kelas 5B SDN 1 Nagrikidul Purwakarta mengikuti Kompetisi  Literaktif  Produk Siswa (menulis karya puisi).
ParaTujuan Pengembangan Profesioanlitas Guru
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa tujuan pengembangan profesionalitas guru adalah agar guru menguasai pengembangan materi dalam rangka pencapaian target kurikulum dengan seiringnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, semakin mampu dan terampil dalam melaksanakan tugas-tugas profesionalnya, guru semakin terampil dan semakain puas, memiliki moral atau semangat kerja yang tinggi dan berdisiplin, serta guru menjadi mandiri.
Pengembangan profesionalitas guru pada abad 21 dan Literaktif Produk Siswa.