Mohon tunggu...
Ronny Rachman Noor
Ronny Rachman Noor Mohon Tunggu... Lainnya - Geneticist

Pemerhati Pendidikan dan Budaya

Selanjutnya

Tutup

Beauty Pilihan

Booming Bisnis Kecantikan di Hari Kemenangan

9 April 2024   11:00 Diperbarui: 9 April 2024   11:27 307
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo: everydayplus via Kompas  

Tampil cantik dan menarik  di hari raya Idul Fitri merupakan idaman kaum wanita karena di hari kemenangan ini tidak saja merupakan ajang pertemuan keluarga tapi juga kerabat dan teman lama. Oleh sebab itu tidak heran jika memasuki bulan ramadhan dan menjelang lebaran bisnis kecantikan dan  kosmetika  seperti  eyeshadow, eyeliner, alas bedak, concealer, perona pipi, dan lipstick meningkat tajam.

Peningkatan bisnis kosmetika ini tidak terlepas dari  dari keinginan  kaum wanita untuk tampil prima di hari kemenangan dan juga mendapatkan foto kenangan dari penampilannya  yang prima dan  mengesankan. Tidak jarang  di hari yang sangat istimewa ini kaum wanita ada yang merubah gaya riasnya agar terlihat lebih  wah dan cantik menawan.

Data yang dikeluarkan oleh Compas yang merupakan Perusahaan Riset Pasar Indonesia menunjukkan  bahwa angka  penjualan produk perawatan kulit dan riasan meningkat 20%.  Sebagai gambaran data penjualan kosmetik, perlengkapan mandi dan makanan kemasan mencapai Rp. 57,6 trilyun di tahun 2023 lalu.

Menurut Al Jazeera, peningkatan penjualan bisnis alat dan bahan kecantikan di hari raya Iedul Fitri tidak hanya terjadi di Indonesia saja, namun juga terjadi di Malaysia dan Singapura.  Secara umum ledakan penjualan kosmetika  menjelang lebaran meningkat 47% pada  dua minggu pertama bulan Ramadhan.

Ledakan penjualan produk kecantikan  di Ramadhan dan hari raya Iedul Fitri tentunya membuat para pelaku bisnis  kosmetika memutar pikirannya dan mengadu  strategi agar dapat memanfaatkan  peluang ini untuk meraup keuntungan.

Di Indonesia  angka penjualan produk kecantikan mengalami kenaikan sebesar 20 persen selama periode Ramadhan jika dibandingkan dengan pereiode yang sama.  Banyak perusahaan di Indonesia yang memanfaatkan  penjualan online untuk memanfaatkan peluang ini dengan harapan dapat meningkatkan pendapatan dari bisnis ini secara maksimal.

Pelaku utama bisnis produk kecantikan lokal Indonesia dengan berbagai metode dan caranya masing masing memaksimalkan penjualan produknya melalui penjualan online dengan meluncurkan tema dan promo  Ramadhan untuk menarik hati konsumen.  Berbagai wahana seperti situs e-commerce dan aplikasi video seperti TikTok menjadi pilihan utama untuk meningkatkan penjualan mereka.  Bahkan diantara pelaku bisnis kosmetik utama ini dengan gencarnya mengangkat tema promo spesial untuk perawatan kecaantikan di hari Iedul Fitri.

Bulan Ramadhan juga digunakan oleh pelaku bisnis utama kecantikan dalam negeri untuk mengaitkan dengan berbagai ceramah berthemakan keagamaan untuk mengajak kaum muslim memperdalam nilai kebaikan dan kebersamaan, meningkatkan rasa syukur dan juga meningkatkan ibadah. Strategi pemasaran  kosmetik yang dikaitkan dengan kegatan keagamaan di bulan Ramadhan ini dinilai  sangat mengena.

Menjelang hari raya Iedul Fitri para wanita banyak yang membeli produk perawatan kulit agar dapat tampil cantik di hari kemenangan. Disamping produk perawatan kulit produk-produk kecantikan lainnya  seperti lipstik berwarna cerah dan perona pipi sangat popular.

Booming nya bisnis kecantikan  selama bulan Ramadhan dan minggu menjelang hari raya Iedul Fitri tidak terlepas dari keinginan  para wanita untuk terlihat cantik dan istimewa di hari kemenangan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun