Mohon tunggu...
Era Almelinda
Era Almelinda Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswi Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Komunikasi Hybrid

20 Desember 2021   14:06 Diperbarui: 20 Desember 2021   14:10 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Apa Itu Komunikasi Hybrid

Prof Estrella Arroyo, Ed.D Dean, College Of Liberal Arts University Of Saint Anthony Philippines dalam Opening Ceremony Youth Communication Day 2021 yang diadakan oleh Universitas Ahmad Dahlan menjelaskan bahwa, Komunikasi Hybrid adalah komunikasi yang menghubungkan dua jenis pekerja yang berbeda. Evolusi komunikasi ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan terutama pasca Covid-19 yang melanda. Dimana model komunikasi ini memungkinkan karyawan untuk memilih dimana tempat mereka bekerja, apakah secara jarak jauh, atau langsung datang ke kantor. Transisi ke model kerja hybrid tidak bisa terjadi dalam waktu sekejap. Adanya pola pikir positif, alat dan aplikasi komunikasi, pelatihan pada team mengenai cara kerja komunikasi hybrid merupakan proses yang sangat penting. 

Lima Model Komunikasi Hybrid

  • Static Hybrid
  • Dynamic Hybrid
  • Synchronized Hybrid
  • Default Digital
  • Fully Distributed

Menjembatani Kesenjangan Komunikasi Hybrid

Suatu kesenjangan perlu diatasi guna menghindari gangguan dalam proses komunikasi. Dimulai dengan memastikan bahwa tim yang bekerja jarak jauh merasa lebih terhubung antara satu sama lain. Membuat seperangkat kebijakan atau aturan guna menjaga kerangka kerja yang solid. transparansi dan aksesibilitas data, ketersediaan ceo untuk menjawab suatu pertanyaan, saling berbagi jika ada pembaruan perusahaan, memberikan umpan balik, memotivasi para tenaga kerja untuk mencapai tujuannya.

Keuntungan Komunikasi Hybrid

  • Peningkatan Produktivitas, metode kerja jarak jauh memungkinkan seorang pekerja dapat melakukan pekerjaan dengan lebih fokus. Karena waktu perjalanan, waktu bersiap-siap dll tidak lagi menjadi permasalahan, karena sistem hybrid ini memungkinkan pekerja bisa bekerja dari rumah.
  • Lebih fleksibel, memungkinkan karyawan bekerja secara fleksibel, karena ketersediaan alat komunikasi membantu karyawan untuk dapat tetap terhubung satu sama lain dengan orang-orang yang berkepentingan bahkan saat bekerja dari rumah.
  • Kepercayaan antar karyawan, membangaun suatu hubungan yang bermakna akan menjadi lebih mungkin, apalagi saat komunikasi dilakukan setiap hari, maka hal tersebut akan memunculkan rasa kepercayaan satu sama lain. Kurangnya kepercayaan serta mis komunikasi yang terjadi diantara para karyawan dapat memicu permasalahan yang serius, terutama dalam melakukan kerja tim.
  • Peningkatan kolaborasi, komunikasi internal mempengaruhi efisiensi tim terutama saat mengerjakan suatu projek. Karena adanya komunikasi hybrid yang memungkinkan proses kerja jarak jauh ini, memungkinkan para anggota/karyawan yang belum pernah bertemu satu sama lain sekalipun tetap bisa berkolaborasi.
  • Komitmen karyawan, seseorang akan lebih berkomitmen ketika adanya kepercayaan. Karyawan merasa lebih nyaman bekerja satu sama lain terutama ketika tidak ada tekanan dari karyawan lain.
  • Peningkatan kinerja karyawan, kinerja karyawan berkembang ketika saluran komunikasi terbuka.

Lima Elemen Penting Kesejahteraan

  • Tujuan, menyukai apa yang kamu lakukan setiap hari dan termotivasi untuk mencapai tujuanmu.
  • Sosial, memiliki hubungan yang supportive satu sama lain.
  • Finansial, mengelola kehidupan ekonomi untuk mengurangi stres dan meningkatkan keamanan.
  • Komunitas, menyukai tempat tinggal, serta merasa aman dan bangga dengan komunitas yang kamu ikuti.
  • Fisik, memiliki Kesehatan dan energi cukup untuk menyelesaikan sesuatu setiap hari

Hambatan Komunikasi Hybrid

  • Hilangnya kantor fisik
  • Bias karyawan yang tidak disadari
  • Dilusi budaya perusahaan
  • Tempat kerja tertutup
  • Kurangnya transparansi
  • Kesejahteraan karyawan

Strategi Komunikasi Hybrid

            Perusahaan harus menyusun strategi serta mengadopsi mode kerja yang bermanfaat dan dapat diterapkan. Pemberi kerja harus terlebih dahulu meneliti dan mengevaluasi sistem yang ada dan menyesuaikan dengan sifat pekerjaan, bisnis, alat komunikasi apa yang dibutuhkan, apa yang diharapkan dapat dilakukan oleh karyawan, standar apa yang harus diterapkan, dan protokol apa yang harus dijalankan.

Setelah adanya model komunikasi ini, lalu apa yang kita harapkan dimasa depan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun