Keberadaan marketplace pada suatu platform di era digital ini sangatlah masif. Dengan kemunculan marketplace para pelaku bisnis dapat lebih mudah berinteraksi dengan calon pembeli, selain itu marketplace juga memberikan kemudahan bagi para pembeli untuk memilih  dan menentukan produk yang mereka butuhkan. Namun, untuk dapat dikenal martketplace harus memiliki sistem yang dapat meningkatkan visibilitas produknya. Oleh karena itu,  keahlian dalam mengelola SEO sangatlah dibutuhkan pada kondisi seperti ini. SEO dapat membantu anda untuk dapat meningkatkan traffic marketplace hanya dengan memasukan kata kunci pada konten yang anda buat.
Lantas, bagaimana peran SEO dapat memberikan manfaat pada marketplace, dan bagaimana cara menerapkannya?
Untuk dapat menjawab pertanyaan diatas, maka simaklah penjelasan artikel ini dengan seksama.
SEO (Search Engine Optimization)Â merupakan teknik pemasaran digital yang digunakan untuk melakukan optimasi pada mesin telusur. Tujuan dari pengoptimalan ini yaitu untuk memudahkan mesin telusur dalam menemukan halaman yang dicari, dan menempatkannya pada halaman teratas menggunakan kata kunci yang telah ditentukan oleh pengguna. Halaman yang ditempatkan di peringkat pertama mesin telusur akan lebih berpotensi untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.
SEO sangat berfokus pada penggunaan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna. Oleh karena itu, dengan menerapkan SEO akan membantu pengguna dalam menemukan dan menentukan target yang sesuai dengan konten yang telah dibuat.
Peran SEO dan Manfaatnya dalam MarketplaceÂ
SEO pada marketplace berfokus pada pencarian internal pada suatu platform penjualan, seperti Shopee, TikTok Shop, Lazada, dsb. SEO pada marketplace dirancang agar bisa menyisipkan kata kunci yang lebih beragam pada beberapa kategori, seperti harga, rating, diskon, ataupun kata yang lebih spesifik seperti kata 'jual' dan 'beli'.
Peran SEO dalam marketplace adalah dengan mengoptimalkan beberapa unsur, berikut penjelasannya.
1. Meningkatkan Eksposur Produk
SEO akan meminta anda untuk memberikan kata kunci pada deskripsi dan judul produk yang lebih spesifik. Dengan mengoptimalkan  deskripsi dan judul produk menggunakan kata kunci yang relevan dengan konsumen, produk anda akan lebih mudah ditemukan.