Banjarbaru Fair 2010 diramaikan 54 stand dari instansi pemerintah, swasta, dan UKM. Kegiatan ini yang pertama kali dilaksanakan dan akan menjadi agenda rutin tiap tahunnya dengan maksud selain sebagi peringatan Hari Jadi Kota Banjarbaru, sekaligus menjadi wadah mensosialisasikan informasi pembangunan atau potensi daerah kepada masyarakat, serta peluang investasi yang terdapat di berbagai daerah di Indonesia kepada masyarakat dan investor.Expoini menampilkan produkberupa Agro & Mining, Garment & Textil, Forniture & Produk Perkayuan, dan aneka produk makanan.Lebih rinci lagi event ini dapat dikatakan bertaraf Nasional karena diikuti pula oleh UKM-UKM binaan dari Provinsi Jawa Timur, Kalimantan Timur & Sulawesi Selatan.
PT Pamapersada Nusanatara Group selaku kontraktortambang batubara terbesar di provinsi ini memiliki komitmen & tanggung jawab sosial kemasyarakatan melalui CSR Pama Group (PAMA, KPP & PMM) Kalsel dengan sinergis ikut meramaikan event tersebut, karena event ini adalah sarana yang tepat dalam mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa tambang yang dikelola PT. Pamapersada adalah ramah lingkungan, dan selalu peduli dengan masyarakat, bertolak belakang dengan opini negatif yang berkembang pada masyarakat kalsel selama ini.
Expo ini secara khusus menampilkan Program Pemberdayaan Masyarakat khususnya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat pedesaan di sekitar tambang PAMA Group yang beroperasi di Kalimantan Selatan yaitu : PAMA KCMB, PAMAADRO, PMM, KPP (HJUR-TALA-PORT) yang telah dilaksanakan di masing-masing site yang tersebar di Kabupaten Banjar, Tapin dan Tabalong. Pama KCMB menampilkan hasil pembinaan koperasi/Ibu PKK dan Pembinaan Pertanian,Pama Adaro menampilkan produk kerajinan binaan LPB-Adaro Pama, dan KPP menampilkan hasil kerajinan dari eceng gondok.
Pada acara pembukaan Expo Banjarbaru Fair dengan antusias s
terutama dalam meningkatkan perekonomian mereka seperti yang telah dilakukan oleh Pama Group selama ini. ”Nah seharusnya begini menambang (perusahaan tambang) yang benar,saya tau betul Pama dari dulu sudah ramah lingkungan dan peduli dengan masyarakat, contohlah Pama. Jangan bisa ngambil batubaranya saja setelah itu meninggalkan masalah” tegas Beliau.
Selama seminggu pelaksanaan Expo, Stand CSR Pama Group kalsel banyak dikunjungi dari berbagai lapisan masyarakat, yang menarik beberapa ibu-ibu memberikan apresiasi kepada CSR Pama Group atas peran sertanya memberdayakan kaum perempuan dengan berbagai bentuk program binaan, selanjutnya mereka pun mengharapkan ada semacam Galery Produk Home Industri UKM Binaan di kalsel khususnya di Banjarmasin sebagai Ibukota Provinsi.Di akhir kegiatan seluruh CD Officer CSR Pama Group Kalsel dengan bangga mengucapkan ”Harmony with Community”
*) Dimuat juga di http://csr-bisnis.blogspot.com dengan judul Expo CSR Pama Group di Banjar Baru Fair 2010
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H