Rozaq Abdullah, mahasiswa KKN dari Prodi S1 Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro, memperkenalkan metode pembelajaran dua arah dalam pelajaran matematika kepada siswa-siswi SD Negeri 1 Guwo. Melalui kegiatan ini, Rozaq bertujuan untuk membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih baik dan meningkatkan minat belajar mereka
Pembelajaran matematika sering kali dianggap sulit dan membosankan oleh sebagian besar siswa. Namun, Rozaq Abdullah dan timnya mengubah pandangan ini dengan membawa metode pembelajaran yang lebih interaktif ke dalam kelas. Dengan pendekatan dua arah, siswa diajak untuk aktif berpartisipasi dalam diskusi, bertanya, dan memberikan masukan terhadap materi yang dipelajari.
Metode ini tidak hanya membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, tetapi juga membantu siswa memahami konsep matematika dengan lebih mendalam. Dengan adanya interaksi langsung antara guru dan siswa, siswa merasa lebih nyaman untuk bertanya dan memperjelas
Menurut Rozaq, "Metode pembelajaran dua arah sangat penting untuk membangun pemahaman yang kokoh pada siswa. Mereka menjadi lebih aktif dalam pembelajaran dan memiliki kesempatan untuk bertanya langsung tentang hal-hal yang mereka tidak pahami."
Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari pihak sekolah SD Negeri 1 Guwo, yang melihat adanya perubahan positif dalam minat dan pemahaman matematika siswa-siswi mereka
Kegiatan KKN ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi siswa, tetapi juga membawa kontribusi positif dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan.
Penulis : Rozaq Abdullah (S1 Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik)
DPL : Hadiyanto, SS, M.Hum