Nama : Rovi Ali Mashuri (2249100084)
Jur/Kls : MPI-2-C
Matkul : Pengawasan dan Evaluasi PendidikanÂ
Dosen Pengampu: Prof. Dr. H. A. Rusdiana, MM,.
Model Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan: Kunci Meningkatkan Kualitas Program
Pertama, Pengertian Model Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan Pengawasan dan evaluasi merupakan komponen strategis dalam meningkatkan kualitas program pendidikan. Model pengawasan dan evaluasi pendidikan yang tepat dapat membantu mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Kedua, Klasifikasi Model Evaluasi Program Pendidikan Terdapat beberapa model evaluasi yang dapat digunakan, seperti Goal Oriented Evaluation Model, Goal Free Evaluation Model, Formatif-Sumatif Evaluation Model, Countenance Evaluation Model, dan CIPP Evaluation Model. Masing-masing model memiliki tujuan dan pendekatan yang berbeda dalam melakukan evaluasi program.
Ketiga, Model Evaluasi Pengawasan Pendidikan Berdasarkan Perkembangannya Dalam perkembangannya, model evaluasi pengawasan pendidikan dapat dibagi menjadi empat, yaitu Measurement Model, Congruence Model, Educational System Evaluation Model, dan Illuminative Model. Masing-masing model memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan model evaluasi yang tepat.
Keempat, Pendekatan, Desain/Rancangan, dan Prosedur Evaluasi Program Pemilihan model evaluasi yang tepat sangat penting untuk mencapai hasil evaluasi yang akurat dan efektif. Selain itu, rancangan evaluasi program pendidikan juga mencakup beberapa komponen, seperti judul kegiatan, tujuan, pertanyaan evaluasi, metodologi, dan prosedur kerja.
Dengan demikian, model pengawasan dan evaluasi pendidikan sangat penting untuk meningkatkan kualitas program pendidikan. Pemilihan model evaluasi yang tepat dan rancangan evaluasi yang efektif dapat membantu mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.
Sumber Bacaan