Mohon tunggu...
Rosulia Wintari
Rosulia Wintari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fashion

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Asistensi Mengajar di SMKN 3 Blitar

14 Juni 2023   00:53 Diperbarui: 14 Juni 2023   02:42 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Asistensi mengajar di satuan pendidikan merupakan kebijakan dari Merdeka Belajar kampus merdeka (MBKM). Asistensi Mengajar adalah aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, nonformal dan informal. Melalui program ini mahasiswa dapat mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mengajar dalam menyelesaikan masalah dalam Pendidikan. 

Selain itu, dengan mengikuti program ini, mahasiswa dapat lebih mengembangkan keterampilannya dan menerapkan ilmu yang telah diperolehnya di kampus. Dengan bantuan program asisten pengajar, siswa terlibat langsung dalam proses pengembangan sekolah di bidang akademik, non akademik, dan administrasi sekolah.  

Saya sangat senang dengan adanya program Asistensi Mengajar ini karena selama mengikuti asistensi mengajar banyak sekali pengalaman berharga yang saya peroleh baik saat mengajar di kelas, memanajemen diri, manajemen waktu, hubungan sosial, kepribadian, ikut serta dalam acara-acara sekolah, ikut serta dalam bidang administrasi sekolah, serta cara pandang terhadap suatu permasalahan serta cara penyelesaiannya. Dengan adanya asistensi mengajar, mahasiswa dapat merasakan secara langsung lingkup kerja yang ada di sekolah.

Saya sangat bersyukur karena siswa-siswi menerima saya dengan baik di kelas maupun di sekolah ini. Dengan adanya praktik mengajar ini, saya merasa kemampuan belajar, mengajar saya lebih berkembang lagi dan rasa percaya diri saya berbagi ilmu semakin ada. Tidak hanya soal mengajar, pertama kali masuk di SMK Negeri 3 Blitar, kami disambut baik oleh kepala sekolah, guru, dan staff yang ada.Kami juga di perkenalkan di depan siswa-siswi SMKN 3 Blitar saat upacara bendera pada hari senin.

Kami disini tidak hanya bertugas untuk mengajar tetapi juga ditempatkan di berbagai administrasi sekolah. Administrasi sekolah yang penulis dapatkan yaitu WMM/Humas, Kurikulum, Sarana, dan Lab/LKS/Jurusan/UP. Di humas, penulis mendapatkan tugas di bagian depan atau resepsionis atau loby sekolah. Di kurikulum, penulis mendapatkan tugas mendata data siswa di computer, dan mendata berkas-berkas lainnya. Pelaksaan tugas di adminstrasi sekolah dilakukan perminggu. Jadi, satu minggu ini di bagian Humas, satu minggu kedepan di kurikulum dan seterusnya.

Dokpri
Dokpri

Pengalaman yang penulis sukai adalah mengajar dan dapat berbaur dengan siswa-siswi SMKN 3 Blitar. Walaupun waktu awal bertemu dan berkenalan masih ada kecanggungan, tetapi semakin lama semakin bisa akrab. Tidak canggung untuk bertanya disaat kesulitan mengerjakan tugas.

Saya juga sangat senang bisa mendapatkan guru pamong yang sangat sabar membimbing saya dalam mengerjakan modul ajar dan membing saya dalam membimbing anak-anak dikelas. Selain itu, saya juga sangat senang  mendapatkan dosen pembimbing yang sangat sabar membimbing saya dan teman-teman dalam melaksanakan program Asistensi Mengajar ini.
Terima kasih untuk seluruh warga SMKN 3 Blitar yang sudah menenerima dan mengurus kami dengan baik. Saya rasa pengalaman ini amat sangat bermanfaat, berharga dan tidak bisa terlupakan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun