Mohon tunggu...
Rossita Dwi Cahyani
Rossita Dwi Cahyani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Reading and Badminton

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Strategi dan Bentuk dari Marketing Public Relation!

7 Desember 2023   21:37 Diperbarui: 7 Desember 2023   22:25 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Kalian pasti pernah mendengar kata Marketing dan Public Relation. Nah apa sih pengertian dari keduanya?

Marketing atau pemasaran adalah suatu proses merencanakan, mengenalkan, dan mengevaluasi aktivitas yang digunakan oleh perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada konsumen dengan tujuan meningkatkan penjualan dan citra perusahaan.

Public Relation adalah proses interaksi dimana menciptakan opini publik dengan tujuan membangun hubungan positif antara organisasi atau perusahaan dengan publik untuk menciptakan reputasi atau citra yang baik.

Marketing Public Relation (MPR) merupakan perpaduan pelaksanaan program atau aktivitas pemasaran dengan aktivitas program kerja public relation, dimana suatu perusahaan menjual produk dengan mendekatkan diri kepada konsumen atau masyarakat sehingga citra suatu perusahaan dapat dikenal oleh banyak orang dan kemudian banyak yang membeli produk tersebut.

Lanjut dalam pembahasan mengenai bagaimana strategi Marketing Public Relation, terdapat 3 Strategi Marketing Public Relation :

1. Pull Strategy, public relation harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian dari publik agar tertarik pada produk atau jasa perusahaan
2. Push Strategy, public relation harus mendorong berhasilnya pemasaran.
3. Pass Strategy, public relation harus mampu mempengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan

Selanjutnya yaitu bentuk Marketing Public Relation :
a. Publikasi, perusahaan mempercayakan perluasan produk berdasarkan dari publikasi materi untuk mempengaruhi dan menarik pembeli yang dituju. Yang termasuk di dalamnya membuat laporan tahunan, brosur, artikel,
perusahaan, majalah dan materi audiovisual.
koran
b. Sponsorship, perusahaan bisa memasarkan barang mereka dengan mensponsori acara olah raga atau acara kebudayaan yang bermanfaat bagi kelangsungan perusahaannya.
c. Berita, salah satu dari tugas utamanya Public Relations adalah untuk membuat ataupun menemukan acara yang sesuai dengan perusahaan, produknya, orang-orangnya atau pegawainya, dan membuat media tertarik untuk memuat berita press release dan hadir dalam press conference (konferensi pers).
d. Kegiatan Layanan Publik, perusahaan bisa membangun image yang positif dengan cara menyumbang uang atau waktu dalam hal-hal yang positif.
e. Pidato, semakin tinggi kebutuhan perusahaan untuk dapat menjawab setiap keperluan masyarakat dengan menjawab pertanyaan dari media

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun