Ada yang pernah menjual barang tanpa mengeluarkan modal? Hanya duduk rebahan tapi uang datang tanpa raga melangkah keluar?
Pasar mulai berubah, bentuk fisiknya bahkan tidak ada. Tidak perlu lapak, tidak perlu modal besar, asal ada kuota, semua bisa berdagang. Perilaku konsumen pun mulai berubah. Konsumen tidak hanya dapat membeli, melainkan dapat menjual kembali. Dalam sekedip mata, konsumsi bisa menjadi produksi. Wajah ekonomi mulai berubah.
Bagaimana fenomena ini bisa terjadi? Kolaborasi dari Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), Big Data Analytics, Cloud Computing, Additive Manufacturing inilah yang membentuk dunia baru yang  kita sebut dengan era Revolusi Industri 4.0.
Lalu, hal menggiurkan apa yang ditawarkan era industri 4.0 ini? Cepat, mudah dan murah.
Di era revolusi industri 4.0, model bisnis konvensional mulai ditinggalkan. Sharing economy dipraktikkan. Teknologi mengambil banyak peran. Internet tidak bisa ditinggalkan. Di era ini, lahirlah marketplace-marketplace dengan jutaan pengunduh. Salah satunya dinobatkan sebagai Unicorn Indonesia dan sebagian menjadi super apps. Maya bukan berarti tidak nyata.
Beberapa tahun terakhir, saya menasbihkan diri sebagai salah satu pelanggan tetap di salah satu marketplace. Kebahagiaan menemukan satu produk dengan berbagai macam penawaran harga membuat saya betah berkeliling di pasar ini. Selain jeli meminang barang dengan harga terbaik, memilih jasa pengiriman merupakan tugas krusial dalam transaksi online.
Masih segar dalam ingatan saya ketika pertama kali melihat JT Express membuka drop point di kota kecil tempat saya tinggal. Saat itu saya berkata pada teman, "Wah ada new comer, nih. Â Niat banget yah kantornya langsung bagus gitu. Lihat tuh Brand Ambassadornya Master Corbuzier... mantep betul..."
Bertempat di ruko tiga lantai, wajah Deddy Corbozier yang berlatar merah tersenyum cerah di badan ruko. Saya lumayan terheran karena kantor jasa pengiriman lain tidak seniat itu dalam membuka drop point di kota kecil ini. Pemilihan brand ambassador pun tak luput dari penilaian. Smart people pasti menggunakan smart logistics, bukan? Smart logistics pasti menawarkan smart services, kan? Akhirnya, saya cukup penasaran dengan pemain baru yang langsung berani menunjukkan taringnya ini.
J&T Express memiliki slogan Express Your Online Business yang diwujudkan dengan sinergi ke berbagai marketplace di Indonesia  dengan misi pemerataan ekonomi secara digital. Hal ini menjadikan UMKM tumbuh subur karena marketplace dapat memasarkan produk dan dengan adanya 2000 lebih drop point, J&T Express siap menjemput dan mengantar paket dengan cepat, aman dan terpercaya.Â
Sebagai penghubung antara penjual dan pembeli, jasa pengiriman memainkan peranan krusial dalam transaksi e-commerce. Sektor ini bertanggung jawab mendistribusikan barang yang diamanahkan penjual untuk diantarkan ke costumer mereka dengan cepat dan aman.Â