Mohon tunggu...
Rosita Sinaga
Rosita Sinaga Mohon Tunggu... Guru - artikelmissrosita.blogspot.com, youtube: https://bit.ly/3nQfGqY

Seorang pendidik dan penulis yang ingin memberi manfaat bagi pembaca.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Terjebak Berlibur di Negara Pandemi, Eropa. Ini kisahku (Part 1)

17 Mei 2020   12:41 Diperbarui: 13 Juli 2022   14:50 982
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Stadion Showroom BMW, Munich, Jerman


Membaca dari judul di atas mungkin timbul banyak pertanyaan atau komentar  dari pembaca "koq nekat banget liburan di saat pandemi?"

Saya mengerti mengapa pertanyaan demikian terlontar. Kebanyakan mereka  tidak memahami adanya alasan di balik kejadian.

Semua orang mengimpikan bisa traveling bersama orang yang dicintai dengan aman dan nyaman tanpa rasa khawatir dan cemas. Tetapi apa yang saya alami pada tangal 13 Maret 2020 lalu bukanlah perjalanan yang saya impikan, semua di luar dari rencana.

Hampir tiga bulan sejak kedatangan saya dari Eropa, saya tidak banyak bercerita kepada teman ataupun sanak saudara bagaimana keadaan selama  di Eropa. Bahkan saya tidak memposting foto-foto indah selama berada di Eropa di halaman facebook saya. 

Semua demi menghindari komentar miring mengenai perjalanan ini.  Tetapi daripada saya simpan sendiri, lebih baik saya berbagi cerita mengenai pengalaman saya selama berada di Eropa, tepat pada saat Covid 19 baru hangat-hangatnya merebak. Tentunya tanpa bermaksud pamer.

Satu alasan mengapa saya pergi ke Eropa, yaitu untuk menemani ibu  yang ingin sekali melihat keindahan negara tersebut, apalagi saat itu sedang ada  pameran bunga tulip di Belanda.

Oleh karena tidak ada anggota keluarga yang bisa menemani ibu yang telah berusia 70 tahun untuk pergi ke Eropa, akhirnya sayalah yang menemaninya. Saya pikir mumpung ibu saya masih sehat dan bisa kuat berjalan, mengapa harus saya lewatkan moment ini?

Rencana pergi ke Eropa sebenarnya sudah ada sejak tahun lalu. Kami berencana pergi ke Eropa dengan tujuan negara Italia, Paris, Jerman, Switzerland, dan Belanda dengan menggunakan jasa travel. 

Di bulan Oktober 2019 saya diwajibkan membayar uang muka setengah dari biaya perjalanan  sebagai tanda jadi peserta dari travel tersebut, sedangkan pelunasan akan dilakukan di awal bulan Februari 2020.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun