Mohon tunggu...
Rose FitriaLutfiana
Rose FitriaLutfiana Mohon Tunggu... Lainnya - Seseorang yang senantiasa belajar

Seseorang yang senantiasa belajar, kegagalan bukan akhir dari segalanya dan bukan awal dari kehancuran

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Lesson Study Learning Community, Pembentukan Komunitas Belajar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran

24 Januari 2023   14:00 Diperbarui: 24 Januari 2023   14:02 189
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Lesson Study merupakan sebuah strategi yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di sekolah. Perbaikan tersebut meliputi perbaikan pendekatan, metode, media, dan juga model pembelajaran. Lesson study dilakukan oleh sekelompok komunitas pembelajar/Learning Community yang ada di sekolah. Dengan lesson study, best practice yang dihasilkan bisa ditularkan dan disebarluaskan untuk mengasilkan kualitas pembelajaran yang baik. 

Salah satu tugas dosen yaitu melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat atau PkM selain melakukan kegiatan pendidikan dan penelitian. Kegiatan PkM dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di sekolah mitra, dalam hal ini mitranya yaitu SMA Muhammadiyah 2 Genteng - Banyuwangi. 

Tim PkM dari Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Universitas Muhammadiyah Malang terdiri dari tiga orang yaitu Rose Fitria Lutfiana, M. Syahri dan M. Mansur melakukan kegiatan pelatihan Lesson Study di SMA Muhammadiyah 2 Genteng pada bulan Oktober 2022. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru PPKn yang ada di SMA Muhammadiyah 2 Genteng.

Kegiatan lesson study ini dilakukan selama 2 siklus pembelajaran yang dimulai dari tahap plan, do dan see. Pada tahapan plan, Tim PkM dan guru model melakukan kegiatan perencanaan perangkat pembelajaran beserta dengan lampirannya (RPP). Kemudian dalam tahapan do, perangkat yang telah disusun diimplementasikan dalam pembelajaran oleh guru model dan juga diamati oleh observer. Kemudian setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan see, dalam tahapan ini kami melakukan refleksi/evaluasi pembelajaran yang telah dilakukan. Aspek-aspek yang kurang akan diperbaiki dalam kegiatan pembelajaran pada siklus 2.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun