Data Mining
Data mining atau sebutan lainnya knowledge discovery in database (KDD)Â (pencarian pengetahuan dari basis data). Secara umum, data mining merupakan proses pengolahan atau mengekstrak informasi menjadi data yang nantinya dapat digunakan di kemudian hari.
Pada perusahaan e-commerce, data mining ini sangat berguna untuk memeroleh data-data user atau visitor yang datang. Hal ini membantu pihak e-commerce dalam mengetahui apa saja yang diminati oleh user dan visitor, sehingga mereka mampu menyesuaikan permintaan serta mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Contoh yang paling sering kita temukan ialah munculnya rekomendasi pada aplikasi digital ketika kita sering mengunjungi situs atau barang yang diminati.
Tujuan Data Mining
Data mining dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan sebuah pengetahuan baru dan pola baru, sehingga mampu meningkatkan kualitas dari sebuah program. Di sisi lain, menurut pendapat saya, data mining juga bertujuan untuk mencari profit yang besar pada suatu perusahaan atau komunitas besar lainnya.
Metode Data Mining
1. Association, adalah metode berbasis aturan yang berfungsi menghubungkan variabel dalam satu kelompok data.
2. Classification, adalah metode untuk memprediksi kelas dari suatu objek.
3. Regression, adalah metode untuk menjelaskan variabel dependen dengan cara menganalisis variabel independen.
4. Clustering, adalah metode untuk membagi sekumpulan data menjadi beberapa kelompok berdasarkan jenis atau kesamaan atribut.
Kesimpulannya, data mining banyak diterapkan pada bidang-bidang, seperti bisnis, edukasi, asuransi, perbankan, dan sebagainya untuk mengumpulkan dan mengolah informasi-informasi yang kemudian akan diekstrak menjadi pengetahuan untuk berbagai kebutuhan yang diinginkan.