Mohon tunggu...
Imam Sahroni Darmawan
Imam Sahroni Darmawan Mohon Tunggu... Lainnya - Pendamping Lokal Desa/ Kemendesa PDTT

Saya seorang individu yang penuh semangat dan kreativitas, selalu siap untuk mengeksplorasi dunia dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Saya percaya bahwa kehidupan adalah petualangan yang tak terbatas, dan saya berusaha untuk terus mengembangkan diri dan memperluas batas-batas saya. Ketika berhadapan dengan tantangan, saya memiliki sikap yang positif dan tekad yang kuat untuk mencapai tujuan yang saya tetapkan. Saya percaya bahwa setiap rintangan adalah peluang untuk belajar dan tumbuh. Saya adalah seorang pemecah masalah yang kreatif, suka berpikir di luar kotak, dan mencari solusi inovatif dalam setiap situasi. Selain itu, saya memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kemampuan untuk beradaptasi dengan berbagai situasi dan lingkungan. Saya menikmati berinteraksi dengan orang-orang baru dan belajar dari perspektif mereka. Saya juga pandai bekerja dalam tim dan memiliki kemampuan kepemimpinan yang memungkinkan saya untuk menginspirasi dan memotivasi orang lain menuju kesuksesan bersama. Saya adalah pribadi yang berkomitmen terhadap pertumbuhan pribadi dan profesional. Saya senang terlibat dalam kesempatan belajar baru dan terus meningkatkan keterampilan saya. Saya percaya bahwa dengan pengetahuan dan pengalaman yang terus berkembang, saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan dan memberikan dampak positif bagi dunia di sekitar saya. Secara keseluruhan, saya adalah seseorang yang bersemangat, kreatif, dan adaptif. Saya memiliki minat yang luas, keinginan untuk terus belajar, dan tekad untuk mencapai keberhasilan. Saya siap untuk menghadapi tantangan baru dan mengeksplorasi potensi terbaik saya untuk menciptakan perubahan yang berarti.

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Golkar-PAN Bersatu dengan Gerindra-PKB untuk Dukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024

13 Agustus 2023   13:50 Diperbarui: 13 Agustus 2023   13:56 100
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Kompas.com

Jakarta - Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golkar, dan Partai Amanat Nasional (PAN) telah resmi mengumumkan kolaborasi politik mereka dalam persiapan pemilihan presiden (Pilpres) tahun 2024. Lebih dari sekadar berkoalisi, empat partai tersebut juga secara tegas menyatakan dukungan mereka terhadap Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Pernyataan dukungan ini diumumkan dalam sebuah acara yang digelar di Museum Perumusan Naskah Proklamasi, Jakarta, pada Minggu (13/8/2023).

Tanda-tangan kerja sama politik yang memperkuat koalisi ini dilakukan oleh para ketua umum partai masing-masing, yakni Muhaimin Iskandar dari PKB, Zulkifli Hasan dari PAN, Airlangga Hartarto dari Golkar, serta Prabowo Subianto sendiri. Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, menyampaikan bahwa tanggal 13 Agustus 2023 yang dipilih sebagai hari pengumuman ini memiliki makna khusus karena bertepatan dengan peringatan setahun kerja sama politik antara Gerindra dan PKB yang telah dimulai sejak tahun sebelumnya. 

"Kami memilih tanggal yang simbolis ini, yakni 13 Agustus 2023, sebagai satu tahun kerja sama politik antara Gerindra dan PKB. Setahun setelah itu, kerja sama politik ini semakin diperkuat oleh dua partai bersejarah dan besar," ungkap Prabowo.

Dalam kesepakatan koalisi ini, tiap partai akan memiliki porsi yang setara dalam membahas calon pendamping Prabowo untuk Pilpres 2024. Sebelum tanda-tangan kerja sama politik, para ketua umum partai seperti Airlangga, Zulkifli Hasan, dan Muhaimin sebelumnya telah mengeluarkan pernyataan dukungan resmi dari masing-masing partai mereka terhadap Prabowo Subianto.

Airlangga Hartarto dari Partai Golkar menyatakan keyakinannya bahwa Prabowo adalah sosok yang paling tepat untuk mewujudkan ambisi Indonesia dalam menjadi negara maju secara ekonomi. "Partai Golkar melihat bahwa kepemimpinan Bapak Prabowo Subianto sangat cocok untuk membawa Indonesia keluar dari jebakan pendapatan menengah," ujar Airlangga dalam sambutannya.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Zulkifli Hasan dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia menambahkan bahwa PAN telah setia mendukung Prabowo sejak Pemilihan Presiden tahun 2014. "Kami sudah bersama dengan Pak Prabowo selama sepuluh tahun. Jika tinggal sedikit lagi, mengapa tidak bersabar? Kami melihat ini sebagai perjalanan sepuluh tahun yang akan segera mencapai puncaknya karena sekarang kita bersama-sama di istana," tutur Zulkifli Hasan.

Sementara itu, Muhaimin Iskandar dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merasa gembira dengan bergabungnya partainya ke dalam koalisi ini. Ia juga memberikan pujian kepada Prabowo, "Pak Prabowo memiliki dua kualitas, yaitsebagai  kesetiaan dan pengabdian yang panjang. Insya Allah, semangat kebersamaan kita akan membawa Indonesia menuju keadilan, kesejahteraan, dan kemajuan yang lebih baik."

Sebagai informasi tambahan, sebelumnya Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Golkar tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Namun, dengan dukungan yang diberikan kepada Prabowo, Koalisi Indonesia Bersatu kemungkinan besar akan berakhir, mengingat Partai Persatuan Pembangunan (PPP), salah satu anggota koalisi, telah menyatakan dukungan kepada calon presiden dari PDI-P, yaitu Ganjar Pranowo.

Di sisi lain, Partai Gerindra dan PKB telah menjalin kerja sama politik sejak tahun sebelumnya, namun belum secara resmi mengumumkan calon presiden. Saat ini, fokus berpindah pada pertanyaan mengenai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Prabowo. Sebelumnya, PAN telah mengusulkan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai calon wakil presiden. Di sisi lain, PKB tetap menjagokan Muhaimin Iskandar, yang dinilai memiliki elektabilitas yang lebih tinggi daripada Erick Thohir menurut berbagai lembaga survei. PKB juga merujuk pada basis pendukung yang merata yang dimiliki oleh Muhaimin Iskandar.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun