Ada beberapa tantangan dan potensi dalam penyelenggaraan dunia pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Tantangan tersebut diantaranya adalah bagaimana agar pendidikan karakter dapat berlangsung dalam kondisi apapun, bagaimana cara memaksimalkan pemanfaatan teknologi, bagaimana cara menyelenggarakan pendidikan karakter yang bukan hanya berfokus kepada aspek nalar atau pengetahuan, tetapi juga pada penanaman rasa atau iman dan mendorongnya menjadi amalan, serta bagaimana agar penyelenggaraan pendidikan karakter mendukung karakteristik era disruptive dan generasi digital.
Potensi dalam penyelenggaraan pendidikan karakter dapat berupa bagaimana menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut dengan semaksimal mungkin. Selain itu juga dengan melihat peluang dari perkembangan teknologi, khususnya teknologi online dalam membentuk lingkungan pembelajaran. Dalam kondisi pandemi, teknologi online menjadi salah satu lingkungan pembelajaran utama yang dapat dilakukan secara mutlak maupun secara terintegrasi dengan lingkungan pembelajaran tatap muka secara langsung. Namun dalam kondisi normal, perkembangan teknologi online akan menjadi salah satu potensi besar dalam dunia pendidikan, salah satunya dalam upaya untuk memperluas kesempatan memperoleh pendidikan, termasuk pendidikan karakter. Oleh karena itu, dibutuhkan panduan yang jelas agar penyelenggaraan pendidikan karakter yang sifatnya komprehensif dapat dirumuskan dan dilaksanakan dengan semaksimal mungkin. Sehingga, lingkungan pembelajaran online tidak selalu dilihat sebagai masalah atau selalu mendapatkan vonis yang tidak adil, karena belum adanya pemahaman yang baik dalam pemanfaatannya.
Salah satu solusi disajikan dalam Buku “Model Pembelajaran Pendidikan Karakter: Panduan Operasional Untuk Pembelajaran Daring dan Contoh Implementasi Pada Mata Pelajaran PAI BP” yang ditulis oleh Rony Sandra Yofa Zebua, S.T., M.Pd. dan Dr. Asep Dudi Suhardini, S.Ag, M.Pd. Buku ini berupaya menjawab tantangan dan memanfaatkan potensi teraktual agar pendidikan karakter tetap dapat berlangsung dengan cara semaksimal mungkin dalam berbagai situasi, kondisi, dan kebutuhan. Buku ini disajikan secara praktis, dimana di dalamnya terdapat panduan operasional untuk pembelajaran online dan dilengkapi dengan contoh implementasi pada Mapel PAI & BP. Sehingga para pembaca akan mendapatkan gambaran yang komprehensif dan praktis, serta dapat disesuaikan dengan konteks atau lingkungan masing-masing.
Model pembelajaran pendidikan karakter yang disajikan di dalam buku ini pada dasarnya bukan hanya dapat digunakan untuk lingkungan pembelajaran online, namun model di dalam buku ini juga dapat diimplementasikan untuk lingkungan pembelajaran tatap muka secara langsung. Implementasi model ini juga tidak terbatas pada Mapel PAI & BP, tetapi dapat digunakan untuk mata pelajaran lain yang menargetkan pembangunan karakter dalam kegiatan pembelajarannya. Implementasi model ini juga dapat dilakukan dalam segala jenjang umur dengan melakukan beberapa pengembangan yang sesuai dengan konteks peserta didiknya. Dengan demikian, keberadaan buku ini diharapkan menambahkan khasanah model pembelajaran pendidikan karakter dan panduan operasionalisasinya bagi sistem Pendidikan Indonesia dan seluruh stakeholder yang terlibat di dalamnya.
Tulisan diatas disarikan dari Mukadimah Buku “Model Pembelajaran Pendidikan Karakter: Panduan Operasional Untuk Pembelajaran Daring dan Contoh Implementasi Pada Mata Pelajaran PAI BP”
Daftar Puskata:
Zebua, R. S. Y., & Suhardini, A. D. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Karakter: Panduan Operasional untuk Pembelajaran Online dan dilengkapi Contoh Implementasi pada Mapel PAI & BP. Nas Media Pustaka. https://books.google.co.id/books/about/?id=SuMuEAAAQBAJ
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H