Mohon tunggu...
Roni Aldi
Roni Aldi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Petani

Labuan Bajo

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Isu-Isu Sosial-Emosional Di Sekolah Dasar, Seperti Bullying, Masalah Disiplin Atau Interaksi Sosial Di Kelas

20 Januari 2025   23:52 Diperbarui: 20 Januari 2025   23:52 13
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Isu-Isu Sosial Emosional di Sekolah Dasar: Tantangan dan Solusi

Sekolah dasar merupakan fondasi utama dalam membentuk kepribadian, karakter, dan kemampuan sosial emosional anak. Di lingkungan ini, anak-anak belajar untuk berinteraksi, bekerja sama, dan mengenali emosi mereka sendiri serta orang lain. Namun, proses ini tidak selalu berjalan mulus. Ada sejumlah isu sosial emosional yang sering muncul di sekolah dasar, seperti bullying, masalah disiplin, dan interaksi sosial yang kurang sehat di kelas. Isu-isu ini tidak hanya memengaruhi perkembangan anak secara individu, tetapi juga dinamika kelas secara keseluruhan.

1. Bullying: Ancaman terhadap Keamanan Emosional Anak

Bullying merupakan salah satu isu sosial emosional yang paling sering terjadi di sekolah dasar. Perilaku ini bisa berupa fisik, verbal, maupun non-verbal seperti intimidasi atau pengucilan. Anak-anak yang menjadi korban bullying sering mengalami penurunan rasa percaya diri, gangguan kecemasan, dan bahkan prestasi akademik yang menurun.

Di sisi lain, pelaku bullying juga menghadapi masalah sosial emosional, seperti ketidakmampuan untuk mengelola emosi atau tekanan dari lingkungan yang membentuk perilaku tersebut. Penyebab bullying bisa beragam, mulai dari dinamika kekuasaan dalam kelompok hingga kurangnya pengawasan orang dewasa.

Solusi:

Peningkatan Pengawasan: Guru dan staf sekolah perlu meningkatkan pengawasan di area-area rawan seperti halaman bermain dan koridor sekolah.

Pendidikan Karakter: Sekolah dapat mengintegrasikan pendidikan karakter ke dalam kurikulum, dengan fokus pada empati, kerja sama, dan penghormatan terhadap perbedaan.

Pelaporan dan Intervensi: Membangun sistem pelaporan yang aman dan mendukung korban serta pelaku untuk mendapatkan bantuan.

2. Masalah Disiplin: Tantangan dalam Membangun Tanggung Jawab

Masalah disiplin sering kali muncul dalam berbagai bentuk, seperti keterlambatan, ketidakhadiran, pelanggaran aturan, atau perilaku yang mengganggu di kelas. Pada usia sekolah dasar, anak-anak sedang belajar mengenali batasan dan konsekuensi dari tindakan mereka. Kurangnya disiplin tidak hanya menghambat proses belajar individu, tetapi juga mengganggu kenyamanan belajar teman-teman sekelas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun