Mohon tunggu...
Dewi Ronestya
Dewi Ronestya Mohon Tunggu... -

Mencoba menuangkan apapun yang ada di pikiran.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Safety Riding Versi Violet007art

7 Oktober 2013   22:47 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:51 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Sedikit cuplikan dlm berkendara roda dua khususnya di ibukota..

Seperti di ketahui bagaimana kejamnya ibukota, saya akan memberikan sedikit pengetahuan saya setelah berguru dgn jalanan ibukota... Berikut cuplikannya cekidott...

1. Jangan terlalu dekat berkendara di belakang mobil. Seperti kita ketahui bahwa jalanan tidak dpt di tebak kelancarannya, bgtu juga dgn laju mobil yg berada tepat di depan kita, selain membahayakan jika tiba" mobil tersebut ngerem mendadak, kita juga tidak bisa melihat lubang di jalanan yg tertutup badan mobil alhasil kita dpt terperosok.

2. Jangan mengikuti bikers lain. Jika ada bikers yg jago selip di depan kita, kita jgn asal ngikutin biar cepet sampai, karena itu dpt membahayakan diri kita sendiri, karena dia selap selip untuk dirinya sendiri agar lebih cepat sampai tempat tujuan, kecuali anda mengikuti teman saat konvoi, rolling ataupun touring.

3. Berguru pada ahlinya. Jika anda ingin tahu bagaimana trik aman selap selip di jalanan ibukota dan sekitarnya alangkah baik bila anda meminta seseorang yg telah ahli untuk menjadi navigator anda dlm berlatih. Mintalah agar dia menunjukkan kapan anda boleh mendahului, kapan anda boleh pindah jalur, dan bagaimana trik selap selip yg baik.

4. Klakson seperlunya dan ga perlu blayer" ga penting. Klakson di buat agar pengguna jalan yg lain mengetahui kehadiran kita, menyapa sesama bikers club motor, dan memperingatkan jika kita ingin mendahului atau pengendara lain berada di jalur yg salah. Dan sebaiknya di pergunakan dgn semestinya.

Begitu juga penarikan gas, gunakan dgn semestinya agar mesin kendaraan juga tidak cepat panas dan apabila keseringan blayer" (biasanya buat pamerin suara knalpot racing yg berisik bin budekin) akan berpengaruh pada kanfas kopling. Kalo sudah begitu ya paling motornya masuk rumah sakit dan keluar biaya.

Nah itu sedikit ilmu yg saya dapat dari jalanan. Karena semestinya kendaraan di perlakukan seperti diri kita sendiri, mereka yg berjasa mengantar kita kemanapun kita mau. Jadi ga ada salahnya utk mengistimewakannya dan memodif atau vermak habis"an, tapi yg terpenting tetap lengkapi surat" kendaraanmu dan keep safety riding dimanapun kalian berada.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun