Paslon Pilkada DKI nomor urut 2, Ahok-Djarot, menjadi daya tarik pendukungnya untuk membuat ide kampanye kreatif. Kampanye kreatif adalah kampanye yang dilakukan dengan cara kreatif. Uniknya, ide-ide kreatif ini dipraktekkan untuk kampanye politik.
Kampanye kreatif jauh lebih sehat dan patut menjadi trend di kalangan partai politik. Berkampanye dengan ide kreatif cukup memiliki kekuatan untuk melawan black campaign (kampanye hitam) yang dilakukan dengan cara-cara licik dan tidak bermoral.
Pendukung paslon Ahok-Djarot membuktikan bahwa ide kreatif mampu menarik perhatian dan menyedot dukungan masyarakat. Sedikitnya sudah ada 5 ide kreatif yang ditunjukkan para pendukung Ahok-Djarot. Berikut ini daftarnya:
1. Ahok-Djarot flashmob
Para pendukung Ahok-Djarot dari berbagai kelompok seperti para relawan, Artis dan masyarakat Jakarta mengadakan aksi flashmob di Cilandak Town Square (citos), Jakarta Selatan pada tanggal 8 Januari 2017. Setidaknya ada ratusan penari, ribuan relawan, artis-artis papan atas dan tim relawan yang ikut terlibat dalam acara ini.
Gerakan ini diikuti aksi yang sama dari banyak pendukung Ahok-Djarot di manca negara.
2. Music Video untuk Ahok-Djarot
Diawali dengan inisiatif artis-artis Ibukota pendukung Ahok-Djarot yang membuat video clip musik. Video ini berjudul “Pemimpin Sejati” dan dipublikasikan melalui Youtube.
Aksi para artis ini lalu diikuti para masyarakat yang mendukung Ahok-Djarot dengan cara membuat video berisikan lagu-lagu untuk paslon pilihannya. Ada juga video musik parodi yang menggelitik.