Mohon tunggu...
Rain sihombing
Rain sihombing Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nama : Rain heart sihombing Status : mahasiswa Prodi : manajemen Manajemen pemasaran

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Transformasi UMKM di era ekonomi kreatif

9 Januari 2025   08:24 Diperbarui: 9 Januari 2025   08:24 30
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Transformasi UMKM di era ekonomi kreatif melibatkan pemanfaatan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan daya saing. Dengan adopsi platform digital dan strategi pemasaran kreatif, UMKM dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan nilai ekonomi mereka. Pentingnya Adaptasi

UMKM harus beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin digital.

Konsumen saat ini menginginkan produk yang praktis, cepat, dan sesuai dengan tren terkini.

Peluang di Era Ekonomi Kreatif

Ekonomi kreatif memberikan peluang bagi UMKM untuk menawarkan produk lokal yang unik dan estetik.

Produk yang memiliki cerita di baliknya semakin diminati oleh konsumen.

Pemanfaatan Teknologi

Teknologi menjadi alat penting bagi UMKM untuk meningkatkan bisnis.

Berbagai platform seperti marketplace dan media sosial dapat digunakan untuk mempromosikan produk.

Pendidikan dan Pelatihan

Terdapat banyak kursus online gratis yang dapat membantu UMKM belajar tentang manajemen media sosial dan pemasaran digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun