Romastiur Nainggolan

Kunjungan Pertama ke Berastagi

7 Oktober 2013   12:04 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:53 230
13811221191090788870

Berastagi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara, sudah lama saya mendengarnya bahkan sejak masih anak-anak. Sepertinya merupakan salah satu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi dan untuk di ceritakan ke siapapun. waktu berjalan terus, dan sekarang sudah menjalani masa berkarir pada tahun 2012 ini menjalani tahun kelima. bulan juli 2012 ini menjadi tidak terlupakan karna keinginan untuk berkunjung ke berastagi akan terwujud, tepatnya tanggal 7 juli tempo hari, bersama dengan sahabat, kami bertemu dan berkenalan di kota tempat kami sebelumnya mengasah karir kami dan kemudian kami bertemu bersama-sama di daerah Sumut ini, saya rasa bukan kebetulan ini semua, pasti ada rencana baik untuk semua ini. setelah rencana keberangkatan disetujui, kemudian bersepakat bertemu di salah satu loket bus yang menuju berastagi. saya dari dari tebing berangkat pukul 1 siang dan tida di loket pukul 3.30 sore. sebagai peserta pertama yang tiba saya bersabar menunggu dua orang lagi, menit berganti dan jam berganti dengan kesabaran penuh heheheheh satu per satu mereka tiba dengan perjuangan masing-masing, Kak Eva yang tiba pertama kali,,dia tidak banyak berubah tetap modis dan kinclong sama seperti ketika kami satu kost an dulu,,aduhhh kangen juga ya kurang lebih 2 tahun ga jumpa namun tetap pelihara komunikasi,,peluk cium pipi kiri kanan dehhh hihihihi,,,makin cantik dia..tidak perlu diminta bercerita, bagai air mengalir di sungai hahahah kami bercerita satu sama lain hujan deras bercampur anginpun tidak begitu diperdulikan karna begitu hangatnya cerita yang kami tumpahkan satu sama lain,hampir satu jam bercerita kemudian ka Nana tiba juga dengan basah-basahan kasian juga karna baru tutup toko, Cuma mandi dan langsung cabut ke loket,,,tanpa banyak cerita lagi kami masuk ke bus yang sudah mengantri,,,wahhhhhhh ga bisa duduk bersamaan jadi ka eva harus duduk terpisah sama kami,,,menit demi menit berjalan seiring perjalanan kami alhasil hihihi ka nana merasa pusing dan mau muntah aduh aduhhh hal yang tidak kuinginkan karna melihat orang muntah biasa terikut..dengan sabar dan sedikit kata-kata penyemangat saya bantu k nana untuk mengurangi pusing dan mual, mengoleskan minyak kayu putih, mengurut punggung wahhhh rupanya bajunya basah,,hemmm aku g bisa tunggu lah kuminta ganti sweaternya dengan sweaterku biar dia lebih baik dan hangat, mengingat berastagi adalah tempat yang snagat dingin suhunya..dan anehnya saya ko masih bisa bertahan tanpa sweater..keajaiban heheheh. setelah kurang lebih 2.5 jam perjalanan , oleh karena macet juga, kamipun tiba di berastagi, dan rencana pertama adalah mencari tempat untuk bisa bersantap mengisi perut.

Kami minta diturunkan di pasar kaget, Berastagi,,dinamakan pasar kaget oleh karena malam aja ada , pagi hingga sore hari pasarnya tidak ada,mungkin kira2 begitu artinya, di pasar kaget ini banyak terdapat warung yang menjajakan berbagai macam jenis makanan,, dan malam itu kami memilih menikmati menu soto dan ikan bakar,,hemmmm menu untuk mengusir kedinginan dan masuk angin. setelah yakin perut sudah aman, kemudian rencana berikutnya dalah mencari tempat penginapan hihihi ini perjuangan yang sangat mengesankan,,dengan bekal informasi dari sopir angkot kamipun dihantarkan ke Berastagi Cottaxx…setibanya disana, kami menanyakan kamar kosong kepada recepcionist eheheee kamar tinggal satu dengan harga ‘lumayan’ hahahah…tidak jadi deh, cari tempat lain dulu ya atau nanti kami akan kembali…siiippp….dengan tanpa beban atau rasa malu kami bertiga melangkahkan kaki lagi mencari penginapan lain, mata melihat Danxx Toxx Hotel, dengan sangat yakin kami melangkahkan kaki kesana,,setelah bertanya kepada recepcionist eheheeheh kamar udah penuh,,dohhhh…masa satupun kaga da yaa…tapi emang tidak ada, hampir deh putus asa namun masih beruntung ada yang baik hati menolong kami dengan menanyakan penginapan lainnya apabila masih ada kamar kosong, dan finally memang ada..hummm syukurr syukurrr…setelah tawar menawar kamipun dihantarkan kesana,,janji Cuma 2 km ehh ko ga nyampe-nyampe ya hahaha…masih sempat nyeloteh juga kami,,wahh begini deh kalu perempuan ga bisa diam.hahahah….setelah kurang lebih 10 menit kami tiba di penginapan yang dimaksud,,kami dihantarkan ke kamarnya hemm lumayan luas untuk tiga orang.. kesan yang sedikit menjengkelkan ketika penjaga penginapan sepertinya seolah-olah ingin mengesankan kami dengan menanyakan apa-apa saja kebutuhan kami ehhhh diminta satu hal dan hal lain namun tak satu pun yang ada hhaahhaah tanpa banyak cakap kami minta dia keluar aja deh karna kami udah sangat penat mau istirahat , kasian sih dia kena repet sama 3 orang wanita-wanita cantik, malam jam 11 masing-masing ambil waktu untuk mandi hemmmmm so dingin nya, giliran pertamaku mandi m

shower masih bisa digunakan dengan baik aku mandi pake air panas ehhh tiba giliran kedua ka eva mandi shower sudah tidak berfungsi lagi kasihan aku karna udara sangat lah dingin,,,mau tidak mau harus mandi karna udah penatnya perjalanan,,kecuali ka nana yang sepanjang jalan pusing memilih untuk langsung masuk dalam selimut lengkap dengan kaos kaki warna warni nya wkwkwkwk..kayak penari balet deh,,ka eva dan ka nana yang sebelumnya belum saling kenal, aku senang karna mereka kemudian bisa menjadi seperti sahabat juga seperti sudah kenal lama. aku senang ka eva yang masih suka bercerita apa saja tanpa pembatas, sementara aku memilih jadi pendengar yang baik dan sekali sekali menimpali atau berbalas cerita, lain halnya dengan ka nana dohhhh sedih juga kurasa dia kurang bisa menikmati perjalanan kami pengaruh pusing di bus, janji pada malam hari itu sebelum tidur adalah besok paginya sama-sama bangun cepat untuk jalan pagi..hemmmmm mari kita nantikan adakah itu akan berjalan sukses mengingat lelahnya perjalanan dan jam tidur yang sedikit..:-D

pagiii………….jam menunjukkan pukul 07.00 hahaha,,begitu bangun dan ditemani lagu rohani dari HP ka nana,,bukannya beranjak tapi melanjutkan cerita tadi malam hahah,,,udah gigi belum disikat dan haddehhhh kebayang dehhh,,,tapi karna sama2 mengalami jadi tidak seorang yang merasa rugi hihihi..begitu dingin nya bahkan lantai kayak air es..ehhh setelah selidik rupanya kaca jendela kamar tidak ditutup rapat sepanjang malamm hahahaha pantesan dingin nya ya ampunnnn jadi deh bahan tertawaaan..pagi-pagi bercerita, aku dan ka eva bagaimana mungkin bisa mimpi penjaga penginapan yang hantarkan kami ke kamar masuk dalam mimpi kami hahahahah….ga banget deh, udah ngeyel gitu pun orangnya nyebelin lah pokoke …kebayang ka eva gimana minta dia keluar dari kamar karna tak satupun permintaan kami yang bisa diadakan…kemudian ka eva cerita kalu di kamar mandi di kamar itu ada penghuninya hahah jadi deh ka nana ketakutan lucu liatny,,aku sendiri merasakan juga sih tapi aku tidak terusik karna ada malaikat penjagaku..

pas jam 8 diambil kesepakatan untuk isi perut sarapan ke pasar dan kemudian berikutnya ke Gundaling… dengan PD nya kami jalan dan berfoto tanpa mandi atau cuci muka bahkan gosok gigi ssstttt yakin deh tidak satupun bisa menebak kami karna muka kami manis dan imut hihihihihi…di Gundaling setelah ambil foto dengan latar gunung dan pemandangan indah saya ingin naik kuda hemmmm menarik dan pelajaran penting naik kuda harus menjaga keseimbangan badan,, berjalan sekeliling Gundaling dan kembali ketempat semula..eh eh eh ka nana dan ka eva yang tidak bernyali naik kuda keliling rupanya tertarik untuk naik kuda sekedar untuk ambil foto ,,hemmm udah puas jalan dan ambil foto kami kembali ke penginapan dengan alat mandi yang udah lengkap.

Perjalanan berikutnya adalah pasar buah,,untuk oleh-olehsetelah semua beres saatnya untuk meninggalkan penginapan yang sangat berkesan hahaah…tidak lupa ambil foto disekitar penginapan yang nuansa bukit dan pohon pinusnya, menyenangkan.

Tiba di pasar buah kami mencari oleh-oleh sebagai khas berastagi, dan kemudian menuju tempat perhentian bus untuk kami bisa ke Hill Park Sibolangit, tujuan berikutnya, tempat rekreasi dan permainan. informasi yang kami denagr pada hari itu adalah pesta tahunan di tanah karo sehingga penduduk setempat yang berada dekat dengan tanah karo pada pulang kampung, alhasil benar juga kurang lebih 2 jam menunggu bus selalu penuh, kemudian kami memutuskan naik angkot yang pertamanya bersedia mengantarkan ke Hill Park akan tetapi rupanya salah paham akhirnya kami turun dan menunggu kembali,,masa kami banyak terbuang dengan menunggu angkot. akhirnya angkot datang namun nasib lah harus berdiri sampai tiba di Hill Park haahaha. Kurang lebih 30 menit berdiri tibalah kami di Hill Park dan yang pertama dilakukan adalah mengisi perut dulu ,jam menunjukkan pukul 2.30 sore. bermodal keramahtamahan kami hahahaah akhirnya kami bisa menitipkan barang-barang kami di tempat jualan bakso .

Then Hill Park time,,setelah cek punya cek mengenai administrasi dan permainan,,taraaaaaaa kami sudah berada di kawasan permainan Hill Park.. iklan pertama yang menarik bagi kami adalah show acrobatic dari cina di sebuah gedung kalu tidak salah namanya gedung Camelot heheeh…tiba disana kami duduk manis dan mengikuti aksi-aksi akrobatik,,tentu tidak disia sia kan dong ambil foto dengan badut disana hahaah gue banget….sedikit monoton dan rasa bosan, kami sepakat untuk berkeliling mencari dan mencoba permainan lain yang ada dalam paket registrasi kami..beruntung ada k eva yang punya nyali besar dan tertular samaku, kami mencoba permainan muter2 aduhh lupa deh namanya hahah…sayang seribu sayang ka nana tidak bernyali ikut mencoba hahaah hanya sebagai tempat kami menitipkan tas dan ambil foto wkwkwwkwk peace J…kemudian menuju permainan berikutnya yang membuatnya menjadi jera dan tak terlupakan yaitu Kora Kora hahahha,,,hanya modal transferan nyali dari ka evasepanjang permainan berjalan tak sekedip pun mataku terbuka hahaah aiyaooooo jantung ku mau copottt…sebelum permainan kami udah melihat orang2 yang mencobanya dan kami menertawakan raut wajah mereka yang aneh aneh, ada yang cool ada yang nangis ada yang teriak ada yang ketawa terbahak-bahak mungkin untuk mengalihkan rasa takutnya tiba giliran kami ternyata tidak jauh beda ,pabila ada kesempatan berikutnya mungkin aku sebagi penonton aja deh .

Lepas permainan kora-kora,,semangat ka eva tetap masih bisa menyuntikku dan kemudian menuju permainan berikutnya duduk manis di kuda2 an dan berputar aduhhh ini satu bikin aku mau muntah ,ka nana yang jadi penonton aja udah mual liat kami karna muter keliling

Jika bukan karna jam dan waktu yang berjalan mungkin masih disana membetahkan diri,,jam sudah menuju pukul 4.30 namun sesi foto tak kan terlewatkan begtu saja. kembali ke pertunjukan akrobatik gedung Camelot para badut badut sudah dihalaman yang semua orang berkesempatakan ambil foto tentu tidak disia sia kan oleh kami,,berbagai pose yang jahil dan lucu termasuk saya yang mencium badutnya wkwkwkwwkk dan pantomin nya yang ga bergeming bikin gemes tak ambil deh kacamata nya tapi namanya pantomin tetep ga bergeming.,,aduhhh usilnya kami hahahah

waktu yang semakin tipis kami kembali deh ke penitipan tas kami dan berita baiknya ada tetangganya yang menyediakan taksi ke Medan dan tentu dengan harga ongkos biasa hohoohhoh what a good news…….

sepanjang perjalanan dinikmati hingga matahari terbenam kami tiba di Medan, kira-kira pukul 7.30 ka nana dan ka eva harus duluan cao dari mobil dan melanjutkan perjalanan kerumah amsing-masing sementara aku masih akan ke loket taksi dan melanjutkan perjalanan sekitar 2.5jam berikutnya.

kurang lebih 2.5 jam perjalanan tiba di Mes tempatku bernaung dan sudah ditunggu oleh kakak yang biasa menemani hari-hariku tepat pukul 11 malam .masih sempat bercerita malam itu betapa perjalanan yang menyenangkan namun malam semakin larut dan time to go sleep. What a beautifull trip