PendahuluanÂ
    Analisis SWOT adalah alat strategi penting dalam pengembangan bisnis yang membantu mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan. Dengan menganalisis faktor internal dan eksternal, perusahaan dapat merumuskan strategi yang efektif untuk memanfaatkan kekuatan dan peluang, serta kelemahan dan ancaman. Ini memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih baik dan alokasi sumber daya yang efisien, sehingga meningkatkan kinerja dan daya saing di pasar yang dinamis. Analisis SWOT juga membantu perusahaan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis.Â
   Memasuki era bisnis yang dinamis dan kompetitif seperti saat ini, perusahaan harus mampu untuk merancang strategi yang tepat agar terus dapat bertahan dan berkembang di
situasi saat ini. Di tengah kompleksitas pasar dan perubahan yang cepat, analisis mendalam
mengenai keadaan eksternal dan internal suatu perusahaan sangatlah penting untuk diterapkan.
Salah satu alat yang dapat menganalisis mengenai kondisi internal dan eksternal perusahaan dan telah terbukti efektif untuk membantu perusahaan dalam merencanakan strategiyang tepat ialah Analisis SWOT.
Analisis SWOT adalah kependekan dari Strengths, Weaknesses, Peluang dan Ancaman yang merupakan pendekatan sistematis yang membantu mengevaluasi faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi operasional perusahaan. Dengan memahami kekuatan dan
kelemahan internal, serta peluang dan ancaman di lingkungan eksternal, maka perusahaan bisa mengidentifikasi strategi yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan mencegah terjainya risiko buruk yang tidak diinginkan perusahaan.
Hasil Dan PembahasanÂ
    Definisi Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah suatu framework yang digunakan dalam manajemen strategis untuk mengidentifikasi faktor -faktor utama yang mempengaruhi performa suatu entitas. Ini mencakup Kekuatan (Strengths), Kelemahan (Weaknesses), Peluang (Opportunities), dan Ancaman (Threats), dan digunakan untuk mengorganisir faktor-faktor tersebut ke dalam sebuah daftar terstruktur yang biasanya disajikan dalam format kisi-kisi sederhana. Kekuatan dan Kelemahan merujuk pada faktor-faktor internal perusahaan yang dapat dikendalikan, seperti komposisi tim, aset intelektual, dan lokasi (Ratnawati, 2020).Â