Mohon tunggu...
Rokhmat EdiSaputro
Rokhmat EdiSaputro Mohon Tunggu... Guru - Rokhmat Edi Saputro

Nama : Rokhmat Edi Saputro, S.Pd Pekerjaan : Guru TTL : Purbalingga, 06 Juni 1991

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

4 April 2023   15:00 Diperbarui: 4 April 2023   15:02 626
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Salam dan Bahagia

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang refleksi modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya.

Pada kesempatan kali ini, calon guru penggerak akan merefleksikan dirinya terkait pembelajaran modul 3.2 dengan menggunakan model Driscoll. Model ini diadaptasi dari refleksi yang digunakan pada praktik klinis (Driscoll & Teh, 2001). Model yang dikenal dengan Model "What?" ini pada dasarnya terdiri dari 3 bagian, namun dapat dikembangkan dengan berbagai variasi bergantung pada pertanyaan detail yang dipilih.

A. WHAT/ APA (Pengalaman Apa yang Terjadi)

Pembelajaran modul 3.2 Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya diawali dengan Mulai Dari Diri. Kami diminta menjawab pertanyaan pemantik untuk mengaktifkan pengetahuan tentang ekosistem sekolah dan peran pemimpin dalam pengelolaan sumber daya sekolah. Selanjutnya, eksplorasi konsep mandiri dan eksplorasi konsep diskusi yang menelaah kasus, yang dialami tokoh (Bu Lilin dan Pak Pupur). Pembelajaran ketiga, ruang kolaborasi, kami bekerja sama mendiskusikan adalah tentang Identifikasi 7 modal/ aset lingkungan sekolah dan pemanfaatannya. 

Selanjutnya, demonstrasi kontekstual, kami menganalisis visi dan prakarsa perubahan dari tayangan video. Pembelajaran kelima elaborasi pemahaman, kami mengelaborasi pemahaman tentang strategi pengelolaan sumber daya, bersama instruktur. 

embelajaran berikutnya konekasi antarmateri, menghubungkan materi modul ini dengan modul yang dipelajari sebelumnya. Pembelajaran terakhir adalah Aksi Nyata, pada saat kegiatan aksi nyata calon guru penggerak berkolaborasi dengan pihak -- pihak terkait (stakeholder) untuk mengidentifikasi dan mendiskusikan mengenai aset sekolah yang dimiliki. Pada kesempatan diskusi ini dihadiri oleh Kepala Sekolah, wakil Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua dan perwakilan dari Siswa, ada beberapa pihak yang memang tidak bisa hadir seperti komite sekolah, tetapi secara keseluruhan kegiatan diskusi berjalan lancar dan menarik.

B. SO WHAT (Analisis dari Peristiwa yang terjadi)

Perasaan saya pada saat pembelajaran adalah sangar senang, saya mendapat banyak ilmu baru. Ilmu yang saya dapat antara lain tentang Ekosistem sekolah, yaitu biotik dan abiotic. Kemudian ada 7 aset utama yang dimiliki sekolah, antara lain : Aset manusia, Sosial, Politik, Agama dan Budaya, Fisik, Lingkungan / Alam dan modal Finansial. Aset -- aset ini yang bisa kita manfaatkan untuk kemajuan sekolah. Dalam diskusi tentang aset pada kegiatan Aksi nyata, kita banyak diskusi yang terjadi, dan ternyata banyak aset yang bisa kita gali untuk mewujudkan program sekolah.

C. NOW WHAT (Tindak lanjut dari peristiwa yang terjadi) 

Dukungan yang saya butuhkan dalam menindaklanjuti pembelajaran pada modul ini adalah dukungan secara moril dn materiil dari semua pihak terutama kepala sekolah yang memegang wewenang tertinggi di sekolah. Tanpa adanya dukungan dari kepala sekolah maka apa yang akan kita jalankan terkesan sendiri -- sendiri dan akan terasa berat. Tetapi jika mendapat dukungan dan respon baik dari semua warga sekolah maka kegiatan yang kita lakukan akan terasa ringan, bisa saling kolaborasi dan diskusi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

Demikian apa yang bisa saya sampaikan tentang refleksi kegiatan pada modul 3.2 tentang Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Saya. Terimakasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun