MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN BERMAIN MENYUSUN KEPINGAN GEOMETRI
Mengenalkan bentuk-bentuk geometri pada anak usia dini sangat berpengaruh untuk ke jenjang selanjutnya. Mengenalkan bentuk-bentuk geometri bisa menggunakan cara bermain sambil belajar. Â Perkembangan mengenal bentuk-bentuk geometri anak usia dini adalah : Perkembangan anak dalam menyebutkan benda-benda yang berbentuk geometri, membedakan benda-benda yang berbentuk geometri, membedakan ciri-ciri bentuk geometri, mengelompokkan bentuk-bentuk geometri (lingkaran, segitiga, segi empat, persegi panjang, dan lain-lain).
Mengenalkan hubungan geometri dan ruang pada anak bisa dilakukan dengan cara mengajak anak bermain sambil mengamati berbagai  benda di sekelilingnya. Anak akan belajar bahwa benda yang satu mempunyai bentuk yang sama dengan benda yang satunya.
Mengidentifikasi dengan penggolongan bentuk suatu benda dapat menciptakan pengetahuan jenis-jenis bentuk dari suatu benda. Anak mulai melihat atribut-atribut yang sama dan berbeda dengan gambar dan benda-benda yang berada di ingkungan sekitar anak. Jenis-jenis geometri secara umum yaitu geometri dua dimensi biasa disebut juga bangun datar dan geometri tiga dimensi yang biasa disebut bangun ruang. Â geometri dua dimensi (bangun datar) adalah bangun yang mempunyai sisi dan sudut, diantaranya:
Segitiga adalah bangun yang memiliki tiga sisi.
Jajar Genjang adalah suatu segi empat yang sisi-sisinya sepasang sejajar.
Persegi Panjang adalah jajar genjang yang suatu sudutnya sikusiku.
Segi Empat adlah suatu jajar genjang yang dua sisinya berurutan sama panjang.
Trapesium adalah suatu segi empat yang memiliki tepat sepasang sisi yang sejajara.
Lingkaran adalah garis lengkung yang bertemu kedua ujungnya yang merupakan himpunan titik-titik yang berjarak dari titik tertentu.
Tujuan :