skill komunikasi pemimpin dan juga teamnya.
Komunikasi memegang peranan penting hampir di setiap lini kehidupan. Termasuk dalam bidang bisnis. Kesuksesan dalam membangun dan mengembangkan bisnis sangat bergantung padaKomunikasi dikatakan sukses jika apa yang Anda katakan bisa dipahami oleh audience atau orang yang diajak berbicara. Selain itu juga mampu melakukan serta memahami apa yang Anda inginkan atau sampaikan. Tidak semua orang memiliki skill berkomunikasi yang baik, meski mereka mampu berbicara dengan orang lain, bahkan di depan orang banyak sekalipun.
Lantas, bagaimana cara meningkatkan skill komunikasi agar apa yang disampaikan dapat diterima atau dipahami dengan baik oleh lawan bicara. Terutama bagi mereka sebagai leader atau pemimpin. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk melatih meningkatkan skill berkomunikasi.
- Pahami Arti Komunikasi
Poin ini memang terdengar masih sangat umum. Namun, sebelum Anda berlatih meningkatkan skill berkomunikasi, maka terlebih dahulu pahami arti komunikasi. Seperti yang telah disinggung diatas bahwa komunikasi memegang peranan penting dalam mencapai kesuksesan, baik di dunia akademik, dunia kerja, bisnis dan lainnya.
Komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan efektif. Mampu membuat perbedaan yang besar dalam bernegosiasi, presentasi bahkan dalam berdiskusi sehari-hari baik dengan rekan kerja atau yang lainnya.
- Jadi Pendengar yang Baik
Komunikasi tidak sekadar berbicara, namun menjadi pendengar yang baik juga menjadi salah satu skill yang harus dimiliki dalam berkomunikasi. Nah, jika Anda ingin meningkatkan skill berkomuniksi maka harus belajar juga menjadi pendengar yang baik.
Adapun untuk menjadi pendengar yang baik, Anda bisa memulainya dengan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk mendengar dan berbicara sehingga Anda memahami apa yang disampaikan. Selain itu juga bisa saling memberikan respon yang baik, tepat dan tentunya dapat memberikan feedback yang positif dan konstruktif.
Dengan menjadi pendengar yang baik pula, Anda akan menemukan hal baru, wawasan dan pengetahuan baru yang sebelumnya mungkin Anda tidak mengetahuinya. Jadi bersikap terbuka sangat penting untuk membangun dan meningkatkan skill berkomunikasi.
- Latih Kemampuan Berbicara dan Menulis
Tidak hanya melatih kemampuan mendengar saja untuk meningkatkan skill berkomunikasi. Membangun komunikasi yang baik juga meliputi melatih skill berbicara dan menulis. Dalam melatih skill berbicara bisa dimulai dengan berbicara di depan cermin, lanjut di depan teman, keluarga dan jika Anda sudah merasa terbiasa, nyaman serta percaya diri baru lah mencoba berbicara di depan publik yang lebih luas.
Selanjutnya untuk melatih skill menulis, Anda bisa memulainya dengan menulis hal yang sederhana, seperti menulis email, laporan dan proposal. Anda bisa memulainya dari tulisan-tulisan sederhana hingga tulisan yang lebih kompleks. Perlu diketahui bahwa menulis ini juga bagian penting dari meningkatkan skill berkomunikasi.
- Jelas dalam Menyampaikan Pesan
Ketika Anda berkomunikasi secara profesional, penting untuk menyampaikan pesan dengan tepat dan jelas. Hindari penggunaan jargon yang memang belum diketahui banyak orang, istilah-istilah yang bersifat teknis atau yang kemungkinan orang awam belum banyak yang tahu. Sampaikan ide atau gagasan yang Anda miliki dengan bahasa yang mudah dimengerti.
- Gunakan Bahasa Tubuh yang Tepat