Mohon tunggu...
Roisah Was'an
Roisah Was'an Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Waktu yang Tak Terbuang Sia-sia

25 Oktober 2016   12:47 Diperbarui: 25 Oktober 2016   12:54 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi Serah Terima Work Order TUSBUNG (Sumber: Dokumentasi Pribadi)

Sesuai dengan namanya, BUMN atau Badan Usaha Milik Negara adalah perusahaan yang secara keseluruhan ataupun sebagian besar dimiliki, dikelola, dan diawasi oleh pemerintah. Bekerja di perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) adalah dambaan para sarjana lulusan perguruan tinggi dan idaman bagi para calon mertua. Alasan-alasan yang membuat pegawai BUMN istimewa adalah penghasilan dan jaminan hari tua terjamin, penampilan yang meyakinkan hati, pegawai BUMN memang terdidik untuk menjaga nama baik diri dan instansi.  Jangan dikira gaji dan segala fasilitas itu didapat dengan mudahnya seleksi masuk yang ketat membuat kami “khatam” makna kerja keras dan usaha. 

Berbagai macam pekerjaan harus kami kuasai dan kerjakan dengan mengesampingkan background pendidikan masing-masing pegawai.  Kami dituntut untuk bisa melakukan semua jenis pekerjaan karena bagi masyarakat orang PLN adalah orang yang mengetahui semua yang berkaitan dengan listrik.  Di situ kami harus siap sedia untuk dapat menjawab semua pertanyaan dari masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung dan menerima semua keluhan dan pengaduan dari pelanggan PLN di setiap waktu baik di kantor maupun secara pribadi.  Hal tersebut kami lakukan untuk senantiasa menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekaligus sebagai media informasi yang paling efektif bagi PLN.  Berikut ini adalah beberapa gambaran pekerjaan yang kami lakukan di PT PLN (persero) Rayon Perawang khususnya pada bidang pelayanan pelanggan.

MONITORING GRUP WA DI HP

Saat ini grup WA sangat mendominasi dalam melakukan semua pekerjaan, semua hasil pekerjaan harus segera dilaporkan dan tak lupa disertai bukti evidence semua terkontrol oleh wilayah dan area.  Berbagai macam grup ada sampai-sampai tekadang salah kirim di grup (biasanya kita revisi maaf salah kamar ternyata grup sebelah).  Tak terduga di smartphone pribadi saya sendiri sudah ada  + 10 grup yang harus dimonitor untuk mengetahui perkembangan dan informasi apa saja yang harus dikerjakan, belum lagi ada chat pribadi dari atasan dan pegawai di rayon mengenai pekerjaan yang mendadak.  Dengan adanya beberap grup tersebut sangat membantu bagi kami dalam berkomunikasi sehingga apabila ada kesalahpahaman akan mudah dicari evidence tanpa harus saling menyalahkan, terutama mengenai adanya hasil pemeriksaan petugas di lapangan bahwa kwh meter tersebut mengalami kerusakan dan harus segera diganti.  

Grup WA tersebut sangat berguna di setiap waktu apalagi ketika weekend tiba dan di lapangan ditemukan adanya gangguan seperti pohon tumbang, tiang tumbang maupun adanya jaringan yang putus.  Selain itu, hal tersebut sangat membantu ketika proses rekening untuk berkomunikasi mengenai hasil baca meter di lapangan dan angka yang diinputkan. Semoga dengan semakin aktifnya para petugas dalam grup WA tersebut tali silaturrahim selalu tetap terjaga.  Tak seharipun kami bisa lepas dari smartphone dilihat orang lain mungkin kami terlihat asyik main smartphone, padahal di dalam smartphone tersebutlah segudang pekerjaan harus diselesaikan dengan segera. 

PERMOHONAN PROSES PASANG BARU DAN PERUBAHAN DAYA

Salah satu bentuk pelayanan pelanggan yang kami lakukan adalah dengan memonitoring semua permohonan pasang baru dan perubahan daya untuk diketahui pelanggan mana saja yang dapat dengan segera ditindaklanjuti.  Semakin lama permohonan tidak kami tindaklanjuti dengan cepat semakin lama hari pelayanan yang kami capai yang menyebabkan semakin lama pendapatan PLN bertambah.  Dalam proses tersebut terkadang ada kendala yang terjadi mulai dari hasil survey yang tak kunjung datang hingga kwh meter yang gagal setting token di lapangan sehingga kami di kantor memberikan arahan pada petugas untuk melakukan penyettingan ulang kwh tersebut.  Tiada hari tanpa keluhan pelanggan mungkin kata-kata yang paling sesuai dengan banyaknya intensitas pelanggan yang datang ke kantor.  

Sampai-sampai ketika ada pelanggan yang datang kami lakukan tebak-tebakan kira-kira pelanggan tersebut akan komplain mengenai pembayaran mahalkah, angka rekening berbeda dengan di rumah, rumah kosong, dan token yang selalu gagal ketika diinputkankah.  Tidak hanya melayani pelanggan yang datang ke kantor yang kami layani namun pelanggan yang melapor melalui call center pun kami segera tindaklanjuti.  Dengan background pendidikan kami yang sangat minim mengenai hal teknis kami harus tetap belajar dan mengetahui masalah teknik yang terjadi di lapangan karena kami lah yang berhubungan langsung  dan menginformasikannya dengan pelanggan. 

TUSBUNG

Semakin hari beban kerja yang ditanggung semakin bertambah, terlebih lagi dengan adanya demo di kantor kami baru-baru ini.  Hal tersebut membuat kami semakin kewalahan untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang menjadi tanggung jawab unit.  Dengan kondisi kantor yang belum kondusif membuat kami memilih tidak melakukan tindakan apa-apa untuk melakukan pemutusan sementara (tustara) sedangkan untuk kegiatan bongkar rampung (karpung) kini kami harus lebih berhati-hati dalam melakukan eksekusi pembongkaran kwh di lapang paling tidak harus disaksikan tetangga dan RT setempat hal tersebut dilakukan untuk mencegah adanya keluhan pelanggan bahwa eksekusi di lapangan dilakukan oleh petugas secara semena-mena. 

Bagaimanatidak setiap bulan petugas kami secara rutin mengingatkan dan memberikan TULkepada pelanggan namun masih saja banyak pelanggan yang menunggak dalampembayaran listrik.  Belum lagi pelangganbesar yang masih harus ditertibkan dan diingatkan agar tidak menunggak petugaskami yang sudah memberikan invoice di awal bulan sampai menghubungi pelangganlangsung untuk melakukan pembayaran rekening listrik namun masih diabaikan.  Terpaksa untuk memaksa pelanggan tersebutmemenuhi kewajibannya setiap tanggal 21 kami langsung datang ke persilpelanggan dengan bersenjatakan segel dan stiker tusbung.  Salah satu pelanggan yang paling susah untukditertibkan adalah hotel yang berada tidak jauh dari kantor kami, yup setibanyadi lokasi kami langsung menjelaskan maksud kedatangan kami tidak untukmenginformasi tagihan rekening anda, kami di sini untuk melakukan pemutusansementara.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun