Mohon tunggu...
Roisa alfa Nadhira
Roisa alfa Nadhira Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

suka memasak

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Psikologi Pendidikan: Memahami Peran Penting dalam Proses Belajar

20 Oktober 2024   14:00 Diperbarui: 20 Oktober 2024   14:01 27
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu yang mengkaji bagaimana manusia belajar dalam lingkungan pendidikan, efektivitas intervensi pendidikan, psikologi pengajaran, dan aspek sosial-psikologis dari sekolah sebagai organisasi. Berikut adalah beberapa tema penting dalam psikologi pendidikan:

1. Motivasi dalam Belajar

Motivasi adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam belajar. Ada dua jenis motivasi yang sering dibahas dalam psikologi pendidikan, yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik berasal dari dalam diri siswa, misalnya keinginan untuk mempelajari hal baru atau menyelesaikan tantangan. Sedangkan motivasi ekstrinsik didorong oleh faktor luar, seperti hadiah, nilai bagus, atau pujian.

Untuk meningkatkan motivasi intrinsik, penting bagi pendidik untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendukung rasa ingin tahu, memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan siswa, dan memberikan umpan balik positif yang konstruktif.

2. Teori Belajar

Beberapa teori belajar memberikan panduan tentang bagaimana siswa menyerap, memproses, dan mengingat informasi. Di antaranya adalah:

Teori Behaviorisme: Menekankan pentingnya penguatan positif dan negatif dalam membentuk perilaku belajar. Pembelajaran dianggap sebagai hasil dari hubungan antara stimulus dan respons.

Teori Kognitif: Menekankan proses mental seperti pemahaman, pemecahan masalah, dan memori. Teori ini melihat pembelajaran sebagai proses aktif di mana siswa membangun pengetahuan berdasarkan informasi baru yang mereka terima.

Teori Konstruktivisme: Menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses aktif di mana siswa membangun pengetahuan mereka sendiri berdasarkan pengalaman dan pengetahuan sebelumnya.

3. Perbedaan Individual dalam Belajar

Setiap siswa memiliki gaya belajar, kemampuan kognitif, dan latar belakang yang berbeda. Faktor-faktor seperti inteligensi, kepribadian, lingkungan keluarga, dan status sosial-ekonomi dapat mempengaruhi bagaimana siswa belajar. Psikologi pendidikan membantu pendidik memahami perbedaan ini dan mengembangkan strategi yang memungkinkan semua siswa belajar secara efektif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun