Mohon tunggu...
Roihan Rikza
Roihan Rikza Mohon Tunggu... Freelancer - Penulis

Menulis adalah doa yang tak putus-putus

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

1001 Tumpeng Diarak Ratusan Warga Arjomulyo Wonosari Malang

19 Juli 2024   17:30 Diperbarui: 19 Juli 2024   17:31 34
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Foto: Humas Pemerintah Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang.

Malang (Wonosari)---Ratusan warga memadatati jalan. 1001 tumpeng diarak warga Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Malang benar-benar antusias dan khidmat dalam agenda bersih dusun. 

Kirab 1001 tumpeng tersebut, merupakan serangkaian tradisi bersih dusun, pada hingga Kamis (18/7/2024) dan masih terus berlangsung pada kegiatan lainnya.

Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Tanaka Waterfall Muhammad Abdul Ghofur menyebut, kegiatan bersih dusun tersebut diselenggarakan sebagai wujud syukur masyarakat Dusun Arjomulyo kepada Tuhan yang Maha Esa. Yakni tentang nikmat, rahmat, kesehatan, rezeki dan semua keberkahan yang telah diberikan Tuhan kepada warga dusun.

"Sehingga kami bersama perangkat desa, perangkat dusun, dan seluruh warga dusun mengadakan kegiatan bersih dusun yang juga dengan konsep kegiatan kirab 1001 tumpeng," ungkap Ghofur yang juga menjabat sebagai Perangkat Desa Bangelan.

Disampaikan Ghofur, agenda bersih dusun diawali dengan pembacaan khatmil ayat suci Alquran. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan kirab 1001 tumpeng. 

"Kemudian dilanjutkan malam ini, setelah kegiatan ini ada santunan anak yatim dan pengajian. Besoknya acara puncak, yaitu pementasan wayang kulit," beber Ghofur.

Serangkaian agenda bersih dusun tersebut, dimulai sejak Rabu (18/7/2024) dan bakal berakhir pada Jumat (19/7/2024). Sedangkan pada hari ini, Kamis (18/7/2024) diselenggarakan agenda kirab 1001 tumpeng.

"Kirab tumpeng start-nya diarak dari lapangan kemudian diarak ke kampung yang ada di Dusun Arjomulyo. Sedangkan titik akhirnya ada di sumber agung pada wisata Tanaka ini," ujarnya.

Dari pantauan di lokasi acara, terdapat arak-arakan 1001 tumpeng tersebut baru tiba di wisata Tanaka pada Kamis (18/7/2024) menjelang petang. Setelahnya, para tokoh masyarakat mengadakan serangkaian agenda termasuk doa bersama masyarakat yang hadir sebelum akhirnya diambil untuk dinikmati bersama.

Di sisi lain, masyarakat dari Dusun Arjomulyo, Desa Bangelan dan sejumlah warga dari dusun dan desa sekitar yang turut menghadiri agenda kirab 1001 tumpeng, terlihat begitu khidmat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun